Gunakan DD 2019, Pemdes Trinsing Bangun Infrastruktur Jalan Lingkungan

PROGRAM KEGIATAN 2020-Kades Trinsing Kecamatan Teweh Selatan,Heri Mansupardi bersama staf kantor desa dan ketua BPD Trinsing ketika berada disalah satu jalan lingkungan program kegiatan yang akan dilanjutkan pembangunannya pada tahun 2020. Jalan lingkungan ini sepanjang 435 x 4,5 meter yang tembus ke areal persawahan, Senin (24/2).(Media Dayak/ist)

Muara Teweh, Media Dayak

     Pemerintah Desa (Pemdes) Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut) pada tahun anggaran 2019 dengan menggunakan dana desa (DD) membangun infrastruktur jalan lingkungan di desa setempat.

Kepala Desa (Kades) Trinsing Heri Mansupari, Selasa (25/2) di kantor Desa setempat mengatakan tahun anggaran 2019 lalu dalam menggunakan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) Pemdes Trinsing membangun infrastruktur jalan lingkungan.

“Untuk tahap I DD tahun 2019 pembangunan jalan lingkungan di RT 03 dengan ukuran 144 x 4,5 meter dengan ketebalan 20 cm. Di tahap I ini juga ada pengadaan buku bacaan untuk perpustakaan desa,” kata Kades Trinsing Heri Mansupardi.

Sedangkan untuk tahap II dana desa, pembangunan jalan lingkungan di RT 07 Batara Cross sepanjang 114 x4,5 meter. “Jalan di Batara Cross ini merupakan jalan tembus ke areal persawahan,” katanya.

Kemudian, pembangunan tower penguat sinyal di samping kantor desa Trinsing. Dan pada tahap III DD, pembelian mobil ambulan desa dan pengadaan bak sampah sebanyak 30 buah. “Ditahap III DD ini juga kita melaksanakan pembinaan masyarakat dengan menyelenggarakan pelatihan kepada kelompok nelayan membuat keramba terapung,” jelas Heri Mansupardi.

Sedangkan kata Kades Trinsing, untuk ADD tahun 2019, Pemdes Trinsing membangun kantor PKK tahap I, renopasi balai desa pada tahap II dan pembuatan tower tandon untuk Pustu Desa Trinsing.

Kades Trinsing menambahkan, untuk program kegiatan tahun 2020 ini pihaknya akan melanjutkan pembangunan infrstruktur jalan lingkungan di RT 07 sepanjang 68, 4,5 meter. “Dan melanjutkan pembangunan jalan lingkungan yang tembus ke areal persawahan sepanjang 435 x 4,5  meter,” kata Heri.

Kemudian, pengadaan sarana sepeda air di DAM Trinsing untuk objek wisata dan pembangunan kantor BUMDes dan gudang. “Untuk itu kami dari Pemdes Trinsing berharap dukungan dari warga masyarakat desa Trinsing agar membangun desa Trinsing lebih maju lagi kedepannya,” pungkasnya.(lna/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close