Gunakan Dana Jamrek untuk Pengembangan Sektor Perikanan

Muara Teweh, Media Dayak

       Anggota DPRD Kabupaten Barito Utara (Barut) meminta kepada pemerintah daerah agar dana jaminan reklamasi (Jamrek) bekas galian tambang yang disimpan ada di Bank yang ditunjuk Pemkab setempat agar dapat dipergunakan untuk peningkatan sektor peternakan khususnya perikanan di wilayah Kabupaten Barito Utara.

Anggota DPRD Barito Utara, H Purman Jaya mengungkapkan bahwa dana jaminan reklamasi untuk satu tambang bisa mencapai sebesar Rp 20 miliar. Ia mempertanyakan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH), apakah bekas galian tambang tersebut dapat dikembangkan untuk budidaya perikanan.

“Kalau kita lihat untuk evisiennya, bekas galian tambang tersebut sangat tidak ada sama sekali, sedangkan kalau di reklamasi belum tentu tanaman itu bisa hidup atau tumbug. Dan kalau dilakukan reklamasi biaya atau uang yang dikeluarkan tentunya sangat besar. Oleh karena itu alangkah baiknya dana reklamasi tersebut disalurkan untuk pengembangan budiyaya perikanan,” kata Purman Jaya di Muara Teweh, Selasa (11/6).

Karena kata H Gogo panggilan akrab H Purman Jaya, seperti di daerah lain, pihaknya pernah melakukan kunjungan ke eks-eks tambang di wilayah Kalimantan Timur, seperti ke PT Bharinto Ekatama yang sudah melakukan reklamasi.

“Ternyata mereka menyarankan agar lebih evisien, dana bekas galian tambang tersebut dipergunakan untuk pembudidayaan perikanan. Bahkan dari budidaya ikan tersebut sampai saat ini banyak dikirim ke wiayah Kalimantan Tengah khususnya kabupaten Barito Utara,” ujarnya.

Namun menurutnya, apakah hal ini bisa diterapkan. Sepanjang ada keinginan dari dinas terkait dan juga menguntungkan bagi masyarakat, dewan tidak pernah menghambat hal itu bahkan sangat mendukung.

“Kita dari DPRD sangat mengharapkan, dengan besarnya dana jaminan reklamasi tersebut, dari dinas lingkungan hidup bersama dengan dinas terkait lainnya bisa bersama-sama memikirkan hal ini guna pengembangan perikatan di wilayah Kabupaten Barito Utara, terutama dapat meningkatkan perekonomian masyarakata di sekitar eks tambang tersebut,” katanya.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close