Gubernur : Terimakasih Kalsel, Telah Pinjamkan Alat Pemadam

Sugianto Sabran

Palangka Raya ,Media Dayak 

      Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah ini, masih saja terjadi, dan Pemerintah Provinsi (Pemrpov) Kalteng sendiri telah berusaha semaksimal mungkin baik Sumber Daya Manusia (SDM) hingga peralatan yang digunakan untuk melakukan pemadaman karhutla.

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran mengucapkan terima kasihnya kepada Pemprov Kalimantan Selatan (Kalsel) yang telah meminjamkan bantuan alat pemadam untuk memadamkan api di wilayah Kalteng.

Pihaknya menyebut, dengan mempertimbangkan jarak yang tidak lumayan jauh dari Kalteng, maka Pemprov meminta kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar Gubernur Kalsel memberikan bantuan dengan meminjamkan alat. 

Dikatakan Gubernur, pihaknya bersyukur permintaan tersebut mendapat tanggapan positif dari Kementerian dan meminta langsung kepada Gubernur Kalsel mengirimkan alat pemadam yang dibutuhkan.

“Kami meminta bantuan dengan meminjam alat dari Kalsel, saya sudah menghubungi menteri LHK dan beliau setuju kemudian datang alat dari Kalsel,” ungkap Gubernur belum lama ini.

Dijelaskannya, bantuan pemadam tersebut, seperti mobil tangki dan alat-alat lainnya yang sangat bermanfaat bagi petugas pemadam di Kalteng. Pasalnya, bantuan ini melalui Badan Penanngulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalteng.

“Bantuan ini melalui BPBD Kalteng dan sangat bermanfaat dan membantu petugas memadamkan karhutla di Kalteng,” jelasnya kepada media.

Tentu, pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemprov Kalteng khususnya kepada Gubernur Kalsel yang telah berkenan memberikan bantuan. 

Harapannya, pertengahan bulan Oktober yang diprediksi terjadi peralihan musim kemarau ke musim hujan maka wilayah Kalteng sudah tidak ada titik api dan Kalteng bebas dari asap. “Kami sampaikan kepada Pemprov Kalsel, tentu  bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami,” pungkas Gubernur.(Ytm/Lsn)