Gubernur Sugianto Kukuhkan KWOD Kalteng

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran (kiri) menyerahkan bendera KWOD kepada Ketua Umum KWOD terlantik Guntur Talajan (kanan) saat pengukuhan KWOD di Aula Jaya Tingang, Rabu (12/02/2020). (Media Dayak/Humas Pemprov).

Palangka Raya, Media Dayak

Gubernur provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran melantik dan mengukuhkan pengurus Kerukunan Warga Ot Danum (KWOD) Kalteng di Aula Jaya Tingang kantor Gubernur Kalteng. Dilantik sebagai Ketua Umum KWOD Kalteng periode 2021-2025, Guntur Talajan yang juga merupakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng.

Gubernur Sugianto mengungkapkan rasa bangganya dengan masyarakat Suku Ot Danum yang sukses dan berkarir di segala bidang. Hal tersebut terlihat dari masyarakat Ot Danum banyak menduduki jabatan, baik di pemerintahan, politik maupun bidang pengusaha.

“Saya selaku pembina di KWOD ini merasa bangga. Banyak warga Ot Danum sukses dan berkarir demi kemajuan pembangunan Kalteng,” katanya usai melakukan pelatikam dan pengukuhan pengurus KWOD di Aula Jaya Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (12/02/2020).

Sugianto menyebut, bukti warga Ot Danum memiliki karir dan kedudukan adalah terpilihnya dirinya sebagai Gubernur. Ada juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng sebagai anggota DPR RI. Kemudian beberapa warga Ot Danum sebagai Bupati, yakni Bupati Kapuas, Gunung Mas dan Murung Raya dan beberapa pejabat lainnya.

“Termasuk di bidang usaha, warga Ot Danum juga banyak yang menjadi pengusaha seperti usaha pertambangan, perkebunan dan kontraktor, bahkan ada pula pengusaha di kancah nasional,” beber Sugianto.

Melalui kesempatan tersebut, Sugianto berpesan agar orang-orang dayak di Kalteng  tidak terpecah belah, apalagi menyangkutkan agama hingga terjadi perpecahan.

“Dalam membangun Kalteng dibutuhkan kebersamaan. Sebagai Gubernur, saya tidak dapat berdiri sendiri melainkan harus mendapat dukungan dan dorongan semua pihak, termasuk organisasi Dayak,” terangnya.

Gubernur Kalteng berharap, organisasi Dayak di Kalteng bisa menjaga komunikasi dengan baik, dan bertujuan hanya untuk pembangunan di Kalteng.

Lebih lanjut Gubernur berharap kepada pengurus KWOD yang baru lantik dan dikukuhkan, agar mampu membangun suasana harmonis dan demokratis dengan tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan.

“Dengan demikian fungsi konflik internal dalam organisasi dapat diminimalisir, serta dapat bersinergi dengan pemerintah sebagai mitra dalam percepatan pembangunan di segala bidang,” pungkas Sugianto Sabran.(Yanting/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close