Gubernur Persiapkan Kawasan Barito Untuk Penyangga IKN

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran memberikan paparan saat silahturahmi dengan Bupati Barito Timur (Bartim), Camat, Lurah, Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta Pelaku UKM dan IKM se-Kabupaten, Jumat (24/01).(Media Dayak/Yanting)

Tamiang Layang, Media Dayak

Dalam kunjungan kerjanya ke wilayah Barito, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran selalu ingin mendengar langsung aspirasi masyarakat daerah setempat.

Didampingi Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya, gubernur menggelar Silahturahmi dengan Bupati Barito Timur (Bartim) Camat, Lurah, Kepala Desa, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat serta Pelaku UKM dan IKM se-Kabupaten Bartim, Jumat (24/01/2020) malam.

Dalam arahannya, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran kembali mengungkapkan maksud kunker pihaknya ke kawasan Barito adalah terkait Ibu Kota Negara (IKN).

“Kami bersama Wagub akan mempersiapkan kawasan Barito melalui anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), untuk membuat daerah kawasan khusus pembangunan ekonomi di daerah Barito, termasuk Bartim,” papar Gubernur.

Gubernur menyebut, pihaknya telah merencanakan mempersiapkan sekitar 10.000 hektar untuk perkebunan di kawasan Bartim. Lahan tersebut akan digunakan sebagai penyangga di bidang pertanian dan perkebunan dalam rangka menyambut IKN di provinsi tetangga Kalimantan Timur.

“Namun di mana tepat daerahnya, tidak akan saya beberkan sekarang. Nanti tanah-tanah di tempat tersebut dinaikkan harganya, kan repot nantinya,” tukas Gubernur sambil tersenyum di depan ratusan masyarakat Bartim yang hadir.

Gubernur menambahkan, di Bartim ada banyak potensi kekayaan alam yang bisa dijual. Dia mencontohkan seperti pasir zirkon yang banyak gunanya, batu laterit, dan lahan pasir yang bisa dibuka dengan melakukan galian C.

“Itulah yang perlu kita kembangkan di daerah ini. Jangan kalah dengan wilayah Sulawesi yang sudah siap untuk menyambut IKN,” ujar Gubernur dengan tegas.

Usai memberikan arahan, Gubernur juga melakukan dialog langsung dengan tamu dan undangan yang hadir di aula Rumah Jabatan Bupati Bartim yang dipandu oleh Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya.(Yanting/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close