Gubernur Minta KI Kawal Keterbukaan Informasi Publik

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran saat melakukan prosesi Pelantikan 5 (Lima) Anggota Komisi Informasi Kalteng, di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Senin (24/02/2020).(Media Dayak Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Gubernur provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran meminta Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalteng untuk mampu menjaga dan mengawal Keterbukaan Informasi Publik, sehingga dapat memberikan stimulan bagi pembangunan yang berdemokrasi dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih transparan dan bebas korupsi.

“Oleh karena itu persiapkan diri untuk bekerja secara optimal demi mewujudkan ekspektasi masyarakat dalam hal mendapatkan informasi, serta dapat menjadi lembaga terdepan dalam mewujudkan keterbukaan informasi dengan mengacu kepada peraturan yang berlaku sehingga kondusifitas dan harmonisasi dapat terjaga,” terang Gubernur Sugianto sesaat usai melakukan pelantikan anggota KI Kalteng di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Senin (24/02/2020).

Gubernur menyebutkan, saat ini pola hubungan antara pemerintah dan rakyat sudah berubah. Rakyat menginginkan transparasi keterbukaan informasi serta Interaksi yang dialog. Oleh karenanya, diperlukan suatu pemerintahan responsif dan terbuka serta siap untuk melayani masyarakat.

“Dengan pemerintahan yang terbuka, diharapkan mampu mendorong partisipasi masyarakat untuk terlibat dari proses perumusan kebijakan publik sampai dengan membuka ruang yang lebar bagi pengawasan publik, sehingga tercipta komunikasi dua arah antara pemerintah dan masyarakat,” bebernya.

Ia juga mengatakan, dengan adanya prinsip keterbukaan ini akan membangun kepercayaan publik kepada pemerintah.

“Saya ucapkan selamat mengemban amanah dan tanggung jawab yang baru secara jujur adil serta penuh integritas,” kata Gubernur kepada 5 (Lima) orang anggota KI Kalteng yang baru di lantik.(Yanting/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close