Gubernur : Masyarakat Tidak Usah Panik Hadapi Corona

H. Sugianto Sabran

Palangka Raya, Media Dayak

Sebagai orang nomor satu di bumi Tambun Bungai Gubernur provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengimbau masyarakatnya tidak usah panik menghadapi virus Covid-19 atau umumnya disebut virus Corona.

Gubernur juga mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng untuk turut mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dalam rangka menjaga diri dari serangan virus Corona. 

“Masyarakat jangan panik, pemerintah daerah sebagaimana seperti kebijakan dari pemerintah pusat telah melakukan langkah-langkah antisipasi berkaitan dengan virus Corona ini,” tegas Gubernur Sugianto, Rabu (4/3).

Bagi ASN, lanjut Sugianto, diimbau untuk turut memberi contoh kepada masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat, antara lain dengan menjaga kebersihan diri serta kebersihan di lingkungan kantor dan rumah, di mana pola hidup sehat tersebut dapat dimulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga.

“Yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga pola hidup sehat itu, dimulai dari lingkungan terkecil, keluarga,” jelasnya.

Ditambahkan, pola hidup sehat juga dapat diterapkan dengan mencuci tangan di air mengalir menggunakan sabun dan mematuhi etika batuk.

“Virus Covid-19, sebagaimana disampaikan Menteri Kesehatan RI dokter Terawan Agus Putranto, merupakan jenis penyakit self limited disease atau dapat sembuh dengan sendirinya. Virus jenis ini, seperti halnya virus penyebab cacar air dan flu, pada umumnya sembuh apabila tubuh seseorang memiliki imunitas atau kekebalan tubuh yang baik. 

Untuk itu, Gubernur Sugianto Sabran mengingatkan masyarakat menjaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh. “Karena dengan imunitas tubuh yang baik, seseorang tidak akan dengan mudah terserang virus,” jelasnya.

Lebih lanjut Gubernur menghimbau, bagi yang sehat, tidak perlu memakai masker sebab masker lebih diperuntukkan bagi yang sakit agar tidak menyebarkan virus kepada orang sehat di sekitarnya.

“Jangan khawatir atau takut berlebihan. Sekali lagi pemerintah telah dan akan melakukan langkah-langkah preventif dan bertahap sesuai ketetapan yang berlaku untuk menghadapi virus Corona,” pungkas Mantan anggota DPR RI tersebut.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close