Gubernur Lebih Tegas Kepada Penguna Plat Non KH

Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran

 Palangka Raya, Media Dayak

Bahkan, Gubernur mempertegas pihaknya berkeinginan membuat peraturan daerah (Perda) progresif apabila masih ditemukan kendaraan perusahaan yang masih menggunakan plat non KH.

Menurut orang nomor satu di Pemerintahan Kalteng Berkah ini, pajak dari pada kendaraan tersebut menjadi salah satu sumber untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah bagi Kalimantan Tengah.

“Masalah plat non KH, apakah nanti kami bersama anggota DPRD Kalteng mengeluarkan perda untuk pajak progresif,” katanya di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, belum lama ini.

Tetapi, pihaknya menyebut, hal tersebut akan dimungkinkan bila memang dalam keadaan terpaksa. Sehingga, kendaraan yang masih menggunakan plat non KH selain harus membayar pajak di daerah asal pemilik pelat tersebut juga harus membayar pajak ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kalteng.

“Jika mereka tidak menggunakan plat non KH maka, mereka selain membayar di daerah asal juga harus membayar pajak ke Kalteng, tapi itu nanti jika terpaksa,”tegasnya.

Meski demikian, pihaknya bersyukur saat ini untuk perusahaan perkebunan sudah tidak lagi menggunakan plat non KH. Lantaran, ada banyak perusahaan sudah sadar diri bahwa mereka (perusahaan,red) bekerja di Kalteng dan hidup di Kalteng, maka mereka juga harus membangun Kalteng.

“Jika masih ada kendaraan khususnya perusahaan yang ada di Kalteng tidak menggunakan plat non KH berarti mereka bukan bekerja di Kalteng, tetapi di daerah lain,” ucapnya.

Untuk itu, dalam menegakkan dan meningkatkan potensi-potensi yang ada di Kalteng ini perlu sinergitas. Harus memiliki kekuataan berbagai pihak, baik dari eksekutif, legislatif maupun jajaran TNI/Polri untuk bersama-sama mengawasi dan membangun Bumi Tambun Bungai ini.  (YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close