Gubernur Kalteng Terjun Lakukan Pemadaman Karhutla

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran saat melakukan pemadaman di Kawasan Adonis Samad Kota Palangka Raya, Senin (12/8). (Media Dayak/Ist)

Palangka Raya, Media Dayak

      Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah(Kalteng)H. Sugianto Sabran turun langsung melakukan pemantauan pemadaman kebakaran hutan dan lahan(Karhutla)di Kawasan Adonis Samad Kota Palangka Raya.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini datang langsung ke lokasi yang sedang terjadi kebakaran bersama Plt Kepala BPBD Kalimantan Tengah, Mofit Saptono serta Ketua Satgas Penangangan Karhutla Kalteng yang juga Komandan Korem 102 Panju Panjung Kolonel Arm Syaiful Rizal dan tim terpadu pemadam kebakaran hutan dan lahan.

Mengenakan kaos putih celana jeans dan sepatu boot Sugianto turut melakukan pemadaman bersama dengan satgas pemadam Karhutla. “Cangkul mana cangkul,” ucap Sugianto seraya memadamkan api dengan ranting pepohonan, Senin (12/8).

Pada kesempatan tersebut, Sugianto kembali menekankan ke masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan baik itu secara disengaja maupun tidak.

“Jangan membakar hutan maupun lahan. Jika sampi terjadi kebakaran seperti ini akan merugikan banyak pihak, terutama masyarakat sendiri,” tegasnya. 

Gubernur menyebut, akibat yang dialami dari terjadi Karhutla selain berdampak bagi lingkungan ada banyak sekali, tentunya yang bisa merugikan semua pihak, misalnya di bidang perekonomian bisa menghambat penerbangan, terlebih lagi di bidang kesehatan, pendidikan dan lain-lainnya.

“Oleh sebab itu, saya mengimbau kepada Bupati/Walikota se-Kalteng agar menyerukan kepada seluruh Camat, Kepala Desa, Damang, Mantir, Ketua RT/RW satu-persatu disampaikan jangan membakar hutan dan lahan,” tegas Gubernur.

Saat ini kan tidak ada hujan,lanjut Gubernur,tolong sampaikan kepada masyarakatnya jangan membuka lahan dengan membakar.

Lebih lanjut Gubernur menyebut pihaknya telah meminta pihak dari Kepolisian Daerah Kalteng untuk menindak dengan tegas secara hukum bagi masyarakat yang terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan dengan sengaja.(YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close