Gubernur Kalteng Buka Jambore Kader PKK

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran saat memberikan paparan di Pembukaan Jambore PKK Tahun 2019 di halaman Rumah Jabatan Gubernur Kalteng, Rabu (28/8) Sore.(Media Dayak/Humas Pemprov).

Palangka Raya, Media Dayak

       Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran membuka Jambore Kader PKK Provinsi Kalteng, di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (28/8) sore.

“Semoga kegiatan ini banyak manfaatnya, terutama dalam rangka pembinaan dan penguatan institusi keluarga, serta merupakan momentum untuk memberikan penghargaan kepada Kader PKK yang telah bekerja dengan keras,tulus,ikhlas dan tanpa pamrih,” ujar Gubernur Kalteng.

Gubernur juga mengungkapkan terima kasih nya kepada kader PKK yang telah berpartisifasi untuk membantu pemerintah daerah dalam mengisi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, dimana setiap program yang dilakukan selalu mengarah pada proses kemajuan. 

“Pada kesempatan ini,saya juga meminta para Kader PKK mengutamakan tiga point dalam kehidupan diantaranya kesehatan, kecerdasan,dan pintar mengatur ekonomi. Karena,menciptakan keluarga sejahtera merupakan inti penting dalam setiap kegiatan PKK. Ciptakan keharmonisan dalam keluarga, sebab keluarga merupakan pondasi kehidupan kita,”tandas Gubernur.

Pihaknya berharap, melalui kegiatan Jambore Kader PKK seperti ini, Kader PKK dapat saling menyatukan kekuatan dan memperkuat komitmen untuk menjaIankan program kesejahteraan rakyat sebagaimana tertuang dalam 10 program pokok PKK. 

“Semua Program PKK ini adalah landasan untuk menuju keluarga sejahtera sebagimana yang menjadi tujuan pembangunan millennium yang selaras dengan tujuan kita bersama menuju Kalteng yang Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis (Berkah),” terangnya.

Gubernur mengajak kader PKK di daerah ini untuk memberantas kemiskinan dan kelaparan, mencapai pendidikan dasar yang universal, mempromosikan persamaan gender dan pemberdayaan perempuan, mengurangi jumlah kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV/AIDS dan penyakit lainnya serta Narkoba, menjamin kelestarian lingkungan dan mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan serta penekanan Stunting yang sudah menjadi isu nasional.

“Tugas kita untuk mencapai hal target tidaklah mudah, karena itu perlu kerja keras kita semua. Pemerintah Kalteng tidak mungkin mampu mencapai semua target ini tanpa dukungan masyarakat. PKK sebagai mitra strategis pemerintah, saya harapkan bisa berperan sebagai motor untuk pencapaian target tersebut. Karena itu kekompakan, kebersamaan, kerja keras dan saling koordinasi adalah kuncinya,” ucap Gubernur.

Inilah spirit yang ingin kita bangun, lanjut Gubernur, dalam Jambore Kader PKK Provinsi Kalteng tahun 2019, yakni bagaimana kita memperkuat tekad untuk berkarya, sehingga program PKK yang ada di Kalteng berjalan sesuai harapan dan kesejahteraan masyarakat akan lebih baik lagi.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Azhari Sugianto Sabran mengatakan, jambore Kader PKK tingkat Provinsi Kalteng tahun 2019, untuk yang keenam kalinya diselenggarakan di Kalteng.

Diselenggarakannya Jambore Kader PKK tahun 2019 dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan, memberikan penghargaan atas prestasi para kader, memotivasi para kader untuk meningkatkan kinerjanya dalam rangka mewujudkan keluarga yang sehat dan sejahtera, serta meningkatkan rasa persatuan dan kebersamaan diantara para kader se-Kalteng. 

“Jambore Kader PKK ini diikuti oleh kader-kader yang berprestasi dari 13 Kabupaten dan 1 Kota se-Kalteng, minimal masing-masing Kabupaten/Kota mengirim 20 orang bahkan ada yang Iebih,” ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Ivo juga mengungkapkan akan pentinggnya pencegahan stunting di daerah ini. Sehingga dia mengajak kader-kader PKK di daerah ini untuk bersama-sama mendungkung Pemerintah Provinsi Kalteng untuk mencegah stunting di daerah ini.(YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close