Germas Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Sehat

IKUTI MUSRENBANG-Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Barito Utara saat mengikuti Musrenbang RKPD Kecamatan Teweh Tengah, Rabu (5/2).(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

       Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah menghimbau kepada masyarakat di daerah ini dalam prakteknya, hidup sehat adalah merupakan salah satu wujud revolusi mental.

“Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat,” kata bupati Nadalsyah saat membuka Musrenbang RKPD di aula Kecamatan Teweh Tengah, Rabu (5/2).

Dikatakannya, perbaikan lingkungan dan perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat perlu dilakukan secara sistematis dan terencana oleh semua komponen bangsa. Untuk itu, gerakan masyarakat  hidup sehat menjadi  sebuah pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Menurut bupati Nadalsyah, Germas dilaksanakan dengan lima kegiatan fokus utama, yaitu melakukan aktivitas fisik 30 menit perhari, mengkonsumsi buah dan sayur, memeriksa kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit, tidak merokok dan memberikan asi eksklusif pada bayi berusia 0-6 bulan.

Bupati juga mengatakan salah satu wujud nyata pembangunan desa yaitu penyiapan desa dengan program stop buang air besar sembarangan (BABS) nol. Hal ini sesuai dengan Peraturan Bupati Barito Utara nomor 30 tahun 2015 tentang stop buang air besar sembarangan (BABS) nol.

“Saya menghargai setinggi-tingginya dan mengapresiasi pada desa-desa yang telah mencapai (BABS Nol) yang baru 8,74 persen atau 9 (sembilan) desa se Kabupaten Barito Utara, dan juga akses sanitasi desa di Barito Utara baru mencapai 55,47 persen, untuk itu ke depannya akses sanitasi di setiap desa dapat ditingkatkan,” pungkasnya.(lna/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close