Gerakan Perekonomian Masyarakat Melalui Pasar Hamalem Mengkeme

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri saat memberikan sambutan pada acara pembukaan pasar Hamalem Mangkeme di Kampung Sega di Kelurahan Mendawai, Kabupaten Kobar Jum’at (14/2) malam. (Media Dayak/Hms Pemprov)

Pangkalan Bun, Media Dayak

Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran mengharapkan keberadaan Pasar Hamalem Mengkeme mampu menggerakkan perekonomian masyarakat setempat. 

“Penempatan kegiatan pasar Hamalem Mengkeme di lingkungan masyarakat merupakan salah satu langkah pengenalan wisata kuliner khas daerah untuk membangun kreativitas, inovatif motivasi masyarakat yang ada di sekitar destinasi wisata bantaran sungai arut,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng saat mewakili Gubernur Kalteng pada acara pembukaan pasar Hamalem Mangkeme di Kampung Sega di Kelurahan Mendawai, Kabupaten Kobar Jum’at (14/2) malam.

“Dengan adanya event ini, tentu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tentu akan berkembang, dan masyarakat juga mendapatkan tempat untuk berhibur bersama keluarga dan akhirnya adalah kita akan mendapatkan perekonomian masyarakat yang akan berkembang, sehingga hal ini akan mensejahterakan masyarakat,” papar Fahrizal Fitri

Pihaknya sangat mengharapkan apa yang dilakukan Pemda Kabupaten Kobar bisa menjadi contoh untuk daerah lain. “Melalui Wisatawan yang datang ke Tanjung Puting kita harapkan mereka (wisatawan, red) tidak hanya datang ke Tanjung Puting, tetapi mereka juga menjelajahi wilayah Kobar dengan berbagai destinasi wisata yang ditawarkan,” bebernya.

Sementara itu, Bupati Kobar Nurhidayah membeberkan pariwisata adalah salah satu prioritas program pembangunan Kobar, dan hal tersebut sangat dibutuhkan dukungan dari Pemprov Kalteng. “Salah satunya yakni festival Tanjung Puting yang merupakan salah satu kalender event nasional yang kegiatannya dilakukan pada bulan Oktober mendatang,” jelasnya.

Nurhidayah menyebut, wisata merupakan salah satu upaya pemerintah daerah menggerakkan sektor ekonomi khususnya yang bergerak di bidang UMKM di daerahnya.

“Kita bersyukur dan berterima kasih kepada Pemprov Kalteng yang telah selesainya membangun jalan layang rusa/pile slab Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kobar, ini sangat membantu perkembangan pembangunan di daerah ini,” tuturnya.

Pihaknya mengakui ada banyak kemudahan yang didapatkan masyarakat Kobar dan masyarakat Kabupaten Sukamara hingga Lamandau, dalam bertransaksi ekonomi dan sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat di beberapa daerah tersebut.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close