Gali Potensi Pariwisata, Pemko Akan Gunakan Jasa Konsultan Bali

Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj.Umi Mastikah sedang berbincang dengan Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dalam kegiatan kunjungan kerja ke Provinsi Bali, akhir pekan lalu.(Media Dayak/Ist)

Palangka Raya, Media Dayak

Upaya menggali dan menggelola Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kota Palangka Raya, Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj.Umis Mastikah mengadakan kunjungan kerja ke Provinsi Bali.

Kunjungan yang dilakukan adalah untuk melihat bagaimana Bali memanfaatkan dan menggelola kekayaan SDA-nya sebagai komoditi dan sebagai penyumbang devisa negara serta sebagai pendapatan asli daerah

Kekayaan sumber daya alam (SDA) berupa hutan, danau  dan sungai tentu dan lain sebagainya, menjadi  salah satu keunggulan  yang bisa diandalkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya sebagai potensi membangun komoditi kepariwisataan.

Menyadari akan kayanya sumber daya alam  yang bisa dijadikan destinasi wisata unggulan, maka untuk mewujudkannya Pemko Palangka Raya harus terus  mengasah kemampuan. Terutama bagaimana membangun manejemen pengelolaan kepariwisataan yang baik.

Dalam kunjungan kerja yang dilakukan pada Jumat (15/11)  tersebut,  kedatangan Umi dan jajarannya diterima Wakil Gubernur Bali,Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dan didampingi wagub Bali, yakni Dinas Pariwisata  Provinsi Bali, pihak dari Gabungan Industri Pariwisata Bali (GIPI), Perhimpunan Hotel dan Restoran Bali (PHRI) serta sejumlah pemerhati wisata Bali.

Dalam pertemuan itu Umi mengatakan, Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya berkeinginan, mengundang sekaligus menggunakan jasa konsultan pariwisata yang berpengalaman dari Bali untuk membantu pengembangan kepariwisataan di Kota Palangka Raya.

“Pemko Palangka Raya juga ingin membuka komunikasi dan kerjasama dengan pelaku pariwisata dan biro perjalanan wisata di Bali,ungkapnya

Selain itu tambah Umi, Pemko Palangka Raya juga bermaksud ingin membuat  showroom/kampung wisata Palangka Raya di Bali, yang bisa memamerkan potensi wisata di Palangka Raya. 

“Perlu diketahui, di Kota Palangka Raya juga ada Pura yang cukup besar tepat di jantung kota atau dekat Bundaran Besar Palangka Raya. Tidak sedikit wisatawan yang datang berkunjung kesana,terang Umi di hadapan wagub Bali.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie  yang ikut mendampingi Wakil Wali Kota Palangka Raya Umi Mastikah dalam kunjungan kerja tersebut mengatakan, ada banyak hal yang didapat dalam pertemuan tersebut.

Wagub Bali dan pihak terkait lainnya, siap membuka kerja sama sekaligus  pertukaran pengalaman dalam mengelola sektor pariwisata. Ini sangat diperlukan bagi Kota Palangka Raya,ungkap Afendie  saat dikonfirmasi.

Dikatakan Afendie,  bila melihat sektor pariwisata di wilayah Provinsi Bali, jelas menjadi  sektor  yang menghasilkan  pemasukan bagi daerah, bahkan mampu menjadi penopang ekonomi  yang  membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya dan penyumbangh devisa negara.

Maka itulah pentingnya Pemko Palangka Raya membangun kerjasama dan pertukaran pengalaman dalam mengelola sektor pariwisata. Termasuk  multiefek dari kepariwisataan seperti UMKM, perhotelan, restoran dan lain sebagainya,ujar dia.

Adapun kerjasama yang  ingin dibangun nantinya lanjut Afendie , salah satunya bagaimana membangun konsep pariwisata yang  berdampak pada pertumbuhan ekonomi.

Ini merupakan penjajakan dan tentu ada tindaklanjut berupa kesepakatan kerjasama atau MoU, tutupnya.(Dmt/Lsn)