E-katalog Akan Permudah Transaksi

Sekda Kalimantan Tengah (Kalteng), Fahrizal Fitri, saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Penjelasan Tolls Assessment Kelayakan Pemprov Sebagai Pengelola E-Katalog Lokal di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (11/2).(Foto/Media Dayak/Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Fahrizal Fitri, mengatakan, dikelolanya katalog elektronik (E-katalog) untuk mengefektifkan dan mengefisensi pengadaan barang dan jasa di lingkup pemerintah.

“Saya berharap, dengan adanya E-Katalog penggunaan barang jasa lebih transparan akuntabilitas efektif dan efisiensi namun yang lebih penting adalah mencegah terjadinya korupsi di bidang pengadaan barang dan jasa,”kata Sekda di sela-sela pembukaan Sosialisasi dan penjelasan Tolls Assessment Kelayakan Pemprov Sebagai Pengelola E-Katalog Lokal, di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (11/2).

Pihaknya juga menyebutkan, dengan katalog elektronik ini, sebetulnya menjadi peluang bagi pemerintah untuk mendorong  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk lebih maju lagi.

Ditambahkan Sekda, saat ini sudah memasuki era digital hampir semuanya menggunakan elektronik contoh kecilnya adalah pemesanan makanan melalui aplikasi seperti go-food.

“Kita tidak direpotkan lagi harus keluar rumah hanya untuk membeli makanan. Kita cukup membuka aplikasi maka akan mendapatkan apa yang kita inginkan,” jelasnya.

Selain itu, Sekda juga menghimbau, pengguna E-katalog di lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng dapat difungsikan sebagaimana semestinya. Karena melalui E-katalog pekerjaan pemerintah semestinya akan lebih mudah dalam pengadaan barang dan jasa.

Pihaknya mengungkapkan, dengan semakin banyak daftar yang tertera dalam E-Katalog, maka akan semakin banyak pilihan yang tersedia. Sehingga, tidak menutup kemungkinan hal ini akan memberikan dampak terhadap pergerakan perekonomian lokal sehingga pertumbuhan ekonomi Kalteng meningkat.

“Nantinya kita cukup membuka aplikasi dan sudah bisa mengadakan barang dan jasa sesuai program yang telah direncanakan,”pungkasnya. (YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close