Dua Dinyatakan Positif Covid-19, Status Siaga di Kalteng Naik Menjadi Tanggap Darurat

Kepala gugus tugas penanganan dan pencegahan covid-19 Kalteng, Leonardo S Ampung di dampingi pejabat terkait lainnya, saat gelar pers release di halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jum’at (20/3).(Media Dayak/Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Gubernur provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H.Sugianto Sabran menyatakan pada Jum’at (20/3) siang, ada 2 orang positif Covid-19 di Kalteng. Hal tersebut disampaikan Gubernur usai melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Jamil Nurulhuda, di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat.

Melalui siaran langsung (live facebook) Gubernur menyatakan bahwa Ia baru saja mendapatkan informasi dari Gugus Tugas penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng, bahwa saat ini di Kalteng ada 2 orang positif Covid-19. 

“Dengan adanya dua pasien positif Covid-19 ini maka pemerintah akan meningkatkan status dari siaga darurat menjadi tanggap darurat covid-19,” ujar Sugianto dalam live facebooknya.

Gubernurpun menghimbau agar masyarakat tetap bersabar, dan selalu berdoa kepada Allah SWT/Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

“Saya menghimbau, kaum Mesjid dimanapun berada dan seluruh suraw yang ada di Kalteng agar pada waktu-waktu tertentu ketika ada panas dijemurlah karpet-karpetnya supaya kuman-kuman mati di level suhu yang panas,” ujar Gubernur Sugianto memberikan himbauan.

Sementara itu, kepala gugus tugas penanganan dan pencegahan covid-19 Kalteng, Leonardo S Ampung menyatakan, pada ini, hari Jum’at tanggal 20 Maret 2020, dengan resmi pemerintah provinsi Kalteng merubah status siaga menjadi Tanggap Darurat Pandemi Covid-19.

Hal itu, menyusul dengan adanya dua orang yang di nyatakan positif terpapar covid-19 di Kalteng pada hari Jum’at 20 Maret 2020.

“Perlu di ketahui .Jumlah Orang Dengan Pemantauan (ODP) Sampai saat ini = 130 orang,yang terbanyak ODP adalah Kabupaten Kotawaringin Timur 33 orang,” jelas saat press release di halaman Kantor Gubernur Kalteng Jum’at (20/3).

Dua orang yang dinyatakan positif tersebut telah di rawat di RS Doris Sylvanus kota Palangka Raya.

Sementara itu, dijelaskan jumlah Pasien Dengan Pengawasan (PDP) Total kasus sebanyak = 29 orang dengan progress sebagai berikut :

Hasil negative COVID 19 = 10 orang

Hasil positive COVID 19 = 2 orang

Menunggu hasil laboratorium = 17.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close