DPRD Sampaikan Hasil Raker Pembentukan Perda

Bupati Katingan Sakariyas SE menyerahkan dokumen keputusan tentang pembentukan sejumlah Perda yang akan digodok dan dibahas kepada Ketua DPRD Kabupaten Katingan Marwan Susanto S Sos, Rabu (05/02/2020), di ruang rapat paripurna DPRD setempat.(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan menyampaikan hasil rapat kerja (raker) rencana pembentukan Peraturan Daerah (Perda), yang dilaksanakan melalui rapat paripurna di ruang rapat DPRD setempat, Rabu (05/02/2020).

Hasil raker tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Katingan, Endang Susilawatie. dia mengatakan, ada sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang bakal dibahas dan digodok bersama Pemkab Katingan nantinya. Terutama, dalam masa kerja selama satu tahun ke depan.

“Sejumlah Raperda ini, menjadi program pembentukan Perda legislatif dalam merancang peraturan hukum yang ditujukan bagi kepentingan umum,” jelas legislator Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerndra) ini.

Adapun beberapa Raperda yang akan dibahas dan digodok nantiya, sambung Endang, diantaranya Raperda tentang penyelenggaraan usaha pariwisata dan perlindungan terhadap flora dan fauna, Raperda penyertaan modal terhadap Bank Kalteng cabang Kasongan,

Raperda berikutnya tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Raperda retribusi jasa umum, retribusi jasa usaha. Raperda rencana perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, perlindungan dan pengembangan kearifan lokal serta perlindungan dan pengakuan masyarakat hukum adat.

Hadir dalam rapat paripurna tersebut adalah dari eksekutif selain Bupati Katingan Sakariyas, juga dihadiri kepala Badan Kesbangpol dan dua orang staf akhli Bupati. Sedangkan belasan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Katingan lainnya meskipun tidak ada yang hadir, namun diwakili oleh Sekretaris Dinas (Sekdis) dan kepala bidang (kabid) masing-masing. Sementara dari legislatif, nyaris semuanya hadir, tiga unsur pimpinan dan  21 anggotanya. Yang tidak bisa hadir hanya 1 orang. (Kas/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close