DPRD Minta Percepat Pembangunan Jalan ke Mendawai

Anggota DPRD Kabupaten Katingan: Firdaus

Kasongan, Media Dayak

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan, Firadus meminta Pemkab Katingan untuk mempercepat pembangunan jalan dari Pikahi kecamatan Kamipang menuju desa Mendawai kecamatan Mendawai. Permintaannya ini dikatakannya kepada sejumlah media, Jumat (24/01/2020).

Firdaus menyatakan, dirinya hanya melanjutkan permintaan dari masyarakat kecamatan Mendawai dan Katingan Kuala saat dirinya melaksanakan reses di dua kecamatan tersebut. “Alasan mereka (masyarakat di dua kecamatan tersebut) untuk menjual hasil pertanian, perkebunan dan perikanan di tempatnya,” terang politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Kendati Katingan sudah hampir 18 tahun menjadi Kabupaten pemekaran, Firdaus menilai, dua wilayah kecamatan yang paling selatan di bumi Penyang Hinje Simpei ini masih terisolir jalan daratnya. Sehingga, hasil pertanian, perkebunan dan perikanannya, hanya bisa dijual kepada tengkulak yang datang dari Sampit dan Banjarmasin dengan harga di bawah standar.

”Bayangkan saja, harga beras di Kasongan normalnya antara Rp13.000 hingga Rp15.000 per Kilogram, sedangkan di kecamatan Katingan Kuala dan Mendawai hanya Rp7.000 atau Rp8.000 per Kilogram,” terangnya.

Jika jalan dari kecamatan Mendawai bisa tembus sempai ke kecamatan Kamipang, Firdaus menyatakan, dipastikan bisa sampai pula ke Kasongan. Dengan demikian, basil panen pertanian, perkebunan dan perikanan masyarakat bisa dijual dengan harga tinggi di Kasongan dan sekitarnya.

“Kalau hasil pertanian, perkebunan dan perikanannya bisa lebih tinggi harga jualnya, tentu saja masyarakat di dua wilayah kecamatan paling selatan itu meningkat,” pungkas anggota dewan asal dapil Katingan II ini. (Kas/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close