DPRD Kalteng Dukung Pengembangan Pertanian Terpadu

Palangka Raya, Media Dayak

      DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mendukung rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng untuk mengembangkan pertanian terpadu di seluruh wilayah Bumi Tambun Bungai. Pasalnya, lahan Kalteng sangat potensial untuk pengembangan pertanian.

Hal ini merupakan salah satu rekomendasi DPRD Kalteng terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Kalimantan Tengah Akhir Tahun Anggaran (TA) 2018, yang disampaikan pada Rapat Paripurna beberapa waktu lalu.

Menurut Anggota DPRD Kalteng, Yohanes Freddy Ering, sebagai daerah yang memiliki kondisi geografis agraris, pertanian masih menjadi sektor yang sangat vital bagi masyarakat karena merupakan sumber penghidupan bagi penduduk. Bahkan, DPRD Kalteng juga mengapresiasi atas keinginan pemerintah pusat yang telah menetapkan Kalteng sebagai salah satu lumbung pangan Nasional, dan ini harus disambut baik oleh pemerintah dan jajarannya.

DPRD juga mendorong Pemprov Kalteng untuk mengembangkan sistem pertanian terpadu yang menggabungkan kegiatan pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan dan ilmu lain yang relevan dengan pertanian dalam satu lahan,Ucap Freddy, saat dibincangi media ini, di Gedung Dewan, jalan S.Parman, Selasa (21/5) kemarin.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng V, meliputi Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau ini juga mengungkapkan, dengan adanya kebijakan tersebut, diharapkan dapat menjadi solusi bagi peningkatan produktivitas lahan dan sebagai antisipasi dampak terhadap turunnya harga atau kelangkaan komoditas pertanian.

Dengan usaha tani terpadu diharapkan kebutuhan jangka pendek, menengah, dan panjang petani berupa pangan, sandang dan papan akan tercukupi,terang Ketua Komisi A DPRD Kalteng ini.

Pihaknya juga menyarankan,agar program tersebut dapat berjalan dengan maksimal,pemerintah diharapkan dapat memaksimalkan peran dan fungsi penyuluh pertanian.

Untuk menunjang program ini, pemerintah harus mempungsikan kembali secara optimal tenaga penyuluh pertanian, Pungkas Politisi dari Partai Demomrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalteng ini.(Nvd)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close