DPRD Kalteng Berharap Pemerintah Tingkatkan Fasilitas RS di Daerah

Hj. Sri Neni Trianawati

Palangka Raya, Media Dayak

Kalangan DPRD Provinsi Kalimnatan Tengah (Kalteng) berharap kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng untuk mendukung pengembangan fasilitas kesehatan, khususnya di sejumlah rumah sakit umum yang berada di wilayah Kabupaten. Pasalnya, saat ini rumah sakit umum yang berada di wilayah Kabupaten masih memerlukan perhatian terutama dari segi fasilitas medik.

Anggota DPRD Kalteng, Hj. Sri Neni Trianawati menyatakan, untuk penanganan medik secara intensif, sejumlah rumah sakit di Bumi Tambun Bungai harus mengeluarkan rujukan ke rumah sakit yang memiliki fasilitas lebih lengkap di Ibukota Provinsi maupun ke rumah sakit di Provinsi tetangga yaitu Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Saat ini, satu-satunya rumah sakit rujukan yang ada di Kalteng, hanya di rumah sakit  Doris Sylvanus dan rumah sakit umum di Kabupaten Barito Selatan. Sehingga pihak Pemerintah juga perlu memperhatikan fasilitas dari rumah sakit umum lainnya di daerah supaya bisa menjadi rumah sakit rujukan,” ucap Sri Neni, saat dibincangi Mediadayak.co.id, di Gedung Dewan, jalan S.Parman, Selasa (14/1).

Anggota Komisi III DPRD Kalteng yang membidangi Kesejahteraan Rakyat, meliputi Pendidikan, Kesehatan dan Kepariwisataan ini juga mengungkapkan, sangatlah penting agar setiap rumah sakit di daerah untuk bisa menjadi rumah sakit rujukan, sehingga masyarakat tidak perlu keluar wilayah hanya untuk mendapatkan penanganan medis secara intensif, salah satunya di Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito.

“Memiliki rumah sakit rujukan di tiap daerah tentu menjadi harapan masyarakat. Oleh karena itu kita sangat mengharapkan agar hal ini bisa menjadi perhatian bagi Pemerintah, khususnya di DAS Barito. Karena seperti yang kita tahu, DAS Barito hanya memiliki rumas sakit rujukan di Barito Selatan, tetapi bagaimana dengan masyarakat yang berada di luar Kabupaten tersebut seperti Kabupaten Murung Raya? Kita juga berharap agar rumah sakit di kabupaten tersebut bisa menjadi rumah sakit rujukan juga,” pungkas Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV, meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Utara, Barito Timur dan Murung Raya ini.(Nvd/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close