DPRD Gumas Minta Pembahasan Anggaran Mendahului Perubahan Terkait Pencegahan Penyebaran Covid-19

MELAKUKAN – Sekretaris Komisi II DPRD Gumas Untung Jaya Bangas (kanan) melakukan sosial distancing dengan anggota Komisi II, Sahriah  (kiri) di ruang Komisi II, saat di wawancara Media Dayak. (Media Dayak/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun, Media Dayak

Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) asal Partai Demokrat, Untung Jaya Bangas, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas bersama DPRD Gunung Mas dapat melakukan pembahasan anggaran mendahului perubahan anggaran tahun 2020 dalam pencegahan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau.

“Virus ini sangat berbahaya. Oleh karena itu, Pemkab Gunung Mas perlu bertindak cepat dan tepat supaya Covid-19 dapat di cegah penyebarannya di Kabupaten Gunung Mas. Salah satu yang bisa dilakukan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas adalah dengan intervensi anggaran,” jelas Untung, Selasa(24/3) di ruang Komisi II DPRD Gunung Mas.

Menurut wakil rakyat dapil III Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Damang Batu itu, pembahasan anggaran mendahului perubahan diperlukan mengingat APBD murni tahun 2020 sudah berjalan,dan tidak ada anggaran untuk penanganan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Maka dari itu (pembahasan anggaran mendahului perubahan pencegahan penyebaran Covid-19) diperlukan. Sinergisitas semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) diperlukan dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid-19. Jangan sampai Covid-19 mengena masyarakat kita.Tanggung jawab kita bersama dari tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Desa untuk mencegah penyebarannya,”kata Untung.

Untung mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat oleh Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Desa terkait Covid-19 serta apa yang dianjurkan Pemerintah supaya tidak terpapar Covid-19 sebuah keniscayaan, supaya masyarakat tahu dan mentaatinya, sehingga terhindar dari Covid-19 yang mematikan.

“Anjuran Pemerintah, baik Pemerintah Pusat, Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Gunung Mas, terkait Covid-19, yakni masyarakat di rumah saja, sosial distancing atau pembatasan sosial atau menjaga jarak menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sanitizer, tidak melakukan jabat tangan, saat bersalaman untuk sementara waktu dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, kami(DPRD) harap  masyarakat Gunung Mas mentaatinya, demi kebaikan kita bersama,”ungkap Untung.

“Kami tetap turun ke gedung Dewan ini, dan kami melaksanakan apa yang dianjurkan Pemerintah, seperti sosial distancing, menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sanitizer, dan tidak melakukan jabat tangan saat bersalaman untuk sementara waktu,”tambah Untung.

Sekretaris Komisi II DPRD Gunung Mas yang membidangi Perekonomian dan Pembangunan itu pun mengapresiasi surat Sekretariat Daerah Gunung Mas Nomor 706/58/ORG/III/2020, perihal penyesuaian sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, yang poinnya, antara lain meminta seluruh perangkat daerah agar membatasi perjalanan dinas keluar daerah,kecuali untuk hal-hal yang sangat penting dan mendesak dan meminta perangkat daerah pada bulan Maret dan April 2020 untuk menunda sementara kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak. (Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close