DPRD Gumas Apresiasi  Program Tanam Jagung

Sahriah,S.Pd. Anggota Komisi II DPRD Gumas.(Media Dayak/Novri JK Handuran).

Kuala Kurun, Media Dayak

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) mengapreasiasi program penanaman jagung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gumas.

“Kami (DPRD) menyambut baik dan mendukung program tanam jagung yang dilakukan saudara Bupati Jaya Samaya Monong dan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing. Program ini sangat baik,mengingat lahan di daerah ini cukup memadai untuk penanaman jagung,” kata anggota komisi II DPRD Gumas yang membidangi Perekonomian dan Pembangunan, Sahriah, Kamis(26/3)di ruang komisi II.

Politikus Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu pun mengajak masyarakat Gumas yang memiliki lahan ataupun sawah untuk mendukung program tanam jagung dengan menanam jagung di lahan dan sawahnya.

“Sawah dan lahan yang terlantar, baiknya di tanami jagung,” pinta dia.

“Masyarakat Kabupaten Gunung Mas, khususnya para petani yang ada di daerah ini, ayo galakkan penanam jagung,karena tanaman yang dalam bahasa latinnya zea mays ini dapat menjadi sumber ekonomi masyarakat,” sambung wakil rakyat dapil II Kecamatan Manuhing, Manuhing Raya, Rungan,Rungan Barat dan Rungan Hulu tersebut.

Masyarakat, khususnya petani yang ingin menanam jagung di sawah dan lahannya, Sahriah minta Dinas terkait untuk memberikan dukungan, berupa bantuan bibit jagung dan pupuk.

“Beberapa jenis jagung yang bibitnya dapat diberikan ke masyarakat,khususnya petani, yakni jagung hibrida. Pun halnya pupuk untuk jagung,antara lain pupuk urea,yang dapat membuat jagung menjadi besar dan tidak menua dengan cepat karena tercukupinya protein dan asam nukleatnya,” tutur dia.

Sahriah menandaskan selain jagung memberi banyak manfaat untuk kesehatan manusia,jagung juga bermanfaat untuk pakan unggas(ayam).

“Manfaat jagung untuk pakan ayam,antara lain menjaga kesehatan pencernaan ayam, menambah berat badan, meningkatkan stamina, menyehatkan tulang,memperkuat otot,sumber vitamin K,dan manfaat lainnya,” ujarnya. (Nov/Lsn)

     

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close