DKP Kalteng Dorong Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan

Darliansyah

Palangka Raya, Media Dayak

        Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Tengah (DKP Kalteng) terus berupaya meningkatkan kesadaran dan kegemaran masyarakat mengkonsumsi ikan, dengan memanfaatkan berbagai momentum, termasuk Hari Ikan Nasional ke-6 pada 2019.

Kepala DKP Kalteng, Darliansyah di Palangka Raya, Rabu (6/11) lalu, mengatakan bahwa kesadaran dan kegemaran masyarakat dalam mengkonsumsi ikan akan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di provinsi ini.

“Ikan bukan hanya kaya akan protein dan enak dikonsumsi, tapi juga membuat seseorang semakin sehat, cerdas dan kuat. Itulah kenapa kami terus berupaya mendorong masyarakat agar semakin gemar mengkonsumsi,” jelasnya.

Dalam rangka menyambut dan memperingati Harkannas, DKP Kalteng pada 17 November 2019 menggelar bazar berbagai produk perikanan, makan bakso ikan gratis, lomba menangkap ikan, lomba masak serba ikan tingkat Kalteng, dan meluncurkan Geoportal LautBerkah.

Darliansyah menyebutkan pelaksanaan sejumlah kegiatan yang juga disediakan berbagai doorprize itu rencananya dipusatkan di Jalan Brigjend Katamso Kota Palangka Raya, dan dapat diikuti seluruh lapisan masyarakat.

“Kalau untuk lomba masak serba ikan, pesertanya dari perwakilan TP-PKK Kabupaten/Kota se-Kalteng. Jadi, kami undang masyarakat Kalteng untuk meramaikan acara tersebut,” ujar dia.

Kepala DKP Kalteng itu mengaku mendapat perintah dari Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran agar mengoptimalkan potensi laut, meningkatkan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya ikan, memperhatikan ketersediaan ikan, serta mendorong masyarakat di provinsi ini semakin gemar mengkonsumsi ikan.

Dia mengatakan Gubernur Sugianto pada 2020 menginginkan DKP Kalteng merealisasikan program ‘asuransi nelayan berkah’. Sebab, program itu bentuk perhatian gubernur dalam menjamin dan memastikan keselamatan nelayan dalam menangkap ikan di laut.

“Jadi, ketika nelayan mengalami kecelakaan dalam melakukan aktivitas menangkap ikan atau sakit, maka akan diberikan santunan melalui program itu. Kami Komitmen merealisasikannya di tahun depan,” tambah Darliansyah.(Ant/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close