Ditemukan Ribuan Benda Bersejarah Tersebar di Wilayah Gumas

Kabid Kebudayaan Christira Elyswandi (dua dari kiri) Kasi kesenian Aryani (kanan), juru pelestari cagar budaya Firion W Duling (kiri) dan staf bidang kebudayaan Adi (dua dari anan) menunjukkan sejumlah artefak yang ditemukan di salah satu lokasi di Gumas yang di duga kuat sebagai situs cagar budaya.(Media Dayak/Novri JK Handuran)

Kuala Kurun, Media Dayak

   Kepala Bidang (Kabid) kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Gunung Mas (Gumas),Christira Elyswandi menyatakan dari hasil survei dan penggalian benda cagar budaya,benda artefak dan benda bersejarah di Gumas,ditemukan lebih dari ratusan bahkan mungkin bisa mencapai ribuan benda cagar budaya,benda artefak dan benda bersejarah yang tersebar di wilayah Gumas.

“Keberadaan benda cagar budaya,benda artefak dan benda bersejarah yang ada di wilayah Gunung Mas juga didapat berdasarkan inventarisasi yang sudah dilakukan berbagai pihak,seperti BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya), balai arkeologi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas,” jelas Christira,Selasa (5/11).

Christira mengatakan dengan ditemukannya benda cagar budaya,benda artefak dan benda bersejarah itu,maka selayaknya Kabupaten Gumas memiliki museum.

“Dengan adanya museum,benda cagar budaya,benda artefak dan benda bersejarah yang ada dapat disimpan di dalamnya (museum), karena sebagaimana fungsinya museum berfungsi untuk menyimpan, merawat, mengamankan dan melestarikan benda-benda bersejarah yang ada di daerah ini. Kita (Gumas) patut memilikinya,” ulas Christira didampingi KasiI (Kepala Seksi) Kesenian Aryanie dan juru pelestari cagar budaya Firion W Duling.

Sebagian artefak diperlihatkan kepada media ini.Terkait artefak itu,Firion menjelaskan bahwa artefak yang ada merupakan peninggalan sejarah purbakala yang ditemukan  di salah satu lokasi di Gumas yang diduga kuat sebagai situs cagar budaya.

“Ini (yang diamankan) sebagian saja,berasal dari satu lokasi. Di lokasi itu masih banyak artefak lainnya. Kita patut berbangga, daerah kita memiliki ratusan bahkan ribuan lokasi situs cagar budaya. Kalau kita ingin mengamankan benda cagar budaya, benda artefak dan benda bersejarah yang ada sebagai bukti sejarah peradaban suku Dayak yang ada di Kabupaten Gunung Mas,maka museum harus kita miliki.Jangan kuatir,benda-benda bersejarah untuk mengisi museum sudah siap,” tutur Firion.

Firion berharap Pemkab Gumas memberi perhatian dan dukungan terhadap keberadaan museum sebagai wadah pengoleksian, pelestarian dan pengamanan benda bersejarah yang ada di Gumas.(Nov/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close