Distanak dan BPS Bartim Sepakat Satu Data Pertanian

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi bersama Kepala BPS Barito Timur Agust Bernaldus saat rapat konsultasi bersama, Kamis (23/01/2020).(Media Dayak/Ist)

Tamiang Layang, Media Dayak

Untuk memajukan pembangunan bidang pertanian di Kabupaten Barito Timur, Dinas Pertanian dan Peternakan dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Barito Timur sepakat membuat Satu Data Pertanian

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Barito Timur Riza Rahmadi mengungkapkan, Satu Data Pertanian yang dimaksud adalah yang terkait dengan data produksi, luas panen dan data komoditas pertanian.

“Di sini kita menyamakan data-data terkait dengan pertanian. Kita harapkan BPS dan Dinas Pertanian satu peta dan satu data,” kata Riza di sela rapat konsultasi bersama BPS Barito Timur, Kamis (23/01/2020).

adapun data-data komoditas yang akan disinkronkan oleh Dinas Pertanian dan BPS Bartim seperti padi, jagung, kedelai, buah-buah dan tanaman perkebunan.

Riza berharap data-data terukur yang dihasilkan oleh BPS Barito Timur dapat menjadi pegangan bagi Dinas Pertanian dalam perumusan kebijakan atau menyusun program kerja.

Sementara itu, Kepala BPS Barito Timur Agust Bernaldus mengharapkan, dengan sinkronisasi data, akan muncul Satu Data Indonesia.

“Jadi tidak ada lagi bermacam-macam data, hanya ada satu data sehingga lebih mempermudah bagi pemangku kepentingan, Bapak Bupati atau perencana-perencana di sektor pertanian lebih relevan, sinkron dan lebih maju lagi membangun pertanian di Kabupaten Barito Timur,” kata Agust.(Rhf/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close