Disperkimtan Kalteng Tempati Gedung Baru

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran (Tengah) dan Kepala Disperkimtan Leonard S.Ampung  (Kanan) saat meresmikan secara langsung gedung Disperkimtan Kalteng,  Rabu (23/10). (Media Dayak/Novan)

Palangka Raya, Media Dayak

Guna menunjang pengembangan infrastruktur Di wilayah Bumi Tambun Bungai, Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran, meresmikan secara langsung gedung baru Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Provinsi Kalteng, yang terletak dikawasan perkantoran, jalan D.I. Pandjaitan, Kota Palangka Raya, Rabu (24/10).

Dalam kegiatan yang dihadiri pula oleh sejumlah kepala Satuan Operasi Perangkat Daerah (SOPD) ini, kepala Disperkimtan Provinsi Kalteng Leonard S. Ampung mengungkapkan, operasional gedung baru Disperkimtan Kalteng mulai aktif sejak 1 januari 2019, dimana sebelumnya Disperkimtan masih belum memiliki gedung sendiri dan sementara waktu menempati gedung Arsip Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) yang terletak di jalan Tjilik Riwut Km.3 Palangka Raya.

“Kami menyadari bahwa gedung sementara yang kami tempati yaitu gedung Arsip Dinas PUPR yang terletak di jalan Tjilik Riwut Km.3, belum memadai untuk operasional dan untuk menunjang kinerja Disperkimtan, pada tanggal 24 Februari 2019, Gubernur Provinsi Kalteng H. Sugianto sabran menetapkan eks gedung Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kalawa Atei yang terletak di jalan D.I. Pandjaitan,  menjadi gedung Disperkimtan yang baru,”Ucap Leonard.

Mantan Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalteng ini juga mengatakan, terdapat perbedaan yang signifikan dari segi fungsional gedung, yang awalnya merupakan lokasi untuk merawat Pasien yang menderita gangguan kejiwaan, kinintekah resmi menjadi gedung Pemerintahan yang dikelola langsung oleh Disperkimtan dan Biro Aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng.

“Tentunya dilihat dari segi pengelolaan terdapat perbedaan yang signifikan, yang dulunya gedung ini merupakan lokasi untuk perawatan saudara-saudara kita yang menderita gangguan kejiwaan, kini telah berubah fungsi menjadi gedung Pemerintahan yang tercatat di Biro Aset dan dikelola langsung oleh Disperkimtan,”Ujarnya.

Dikatakan Leonard, proses rehab bangunan yang diajukan selama 3 periode anggaran sejak tahun 2017 lalu, berawal dari pengajuan anggaran perencanaan sebesar 198 juta, kemudian konstruksi fisik pertama pada tahun 2018 berkisar 7,1 Milyar dan Konstruksi tahap dua sebesar 4,9 Milyar untuk bagian eksterior dan interior bangunan.

“Anggaran perencanaan rehab dan pengembangan gedung baru Disperkimtan ini sebesar 198 juta, kemudian dilanjutkan dengan konstruksi fisik pertama pada tahun 2018 berkisar 7,1 Milyar dan Konstruksi tahap dua sebesar 4,9 Milyar untuk bagian eksterior dan interior bangunan yang terdiri dari 2 lantai ini. Kemudian untuk Luasan gedung sendiri seluas 2.218 meter persegi dengan luas lahan 5000 meter persegi.”Terangnya.

Selain itu, Leonard juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Gubernur Kalteng yang telah memberikan perhatian kepada Disperkimtan, dan dengan adanya gedung baru ini, diharapkan Disperkimtan Kalteng bisa lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Tentunya, kita ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Kalteng yang telah memberikan perhatian dan dukungan terhadap Disperkimtan. Tentunya hal ini harus menjadi dorongan untuk Disperkimtan untuk lebih meningkatkan kinerja serta pelayanan kepada masyarakat,”pungkasnya.(Nvd.Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close