Disnakertranskop UKM Barut Gelar Pelatihan TTG

PELATIHAN TTG- DisnakertransKop dan UKM Barito Utara menggelar pelatihan TTG dalam rangka program peningkatan kesempatan kerja bagi masyarakat di daerah ini, Senin lalu. (Media Dayak : ist)

Muara Teweh, Media Dayak

     Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi dan UKM Kabupaten Barito Utara (DisnakertransKop dan UKM Barut) menggelar kegiatan pelatihan tenaga kerja berupa pelatihan Teknologi Tepat Guna (Cetak Batako).

Pelatihan diikuti sebanyak 15 peserta dari perwakilan 9 (sembilan) kecamatan, se Barito Utara, Senin (11/3) kemarin. Kegiatan pelatihan TTG tersebut dalam rangka program peningkatan kesempatan kerja bagi masyarakat di daerah ini.

Kadis NakertransKop dan UKM Barito Utara, Drs Tenggara melalui Sekdis, Hj Tutiyah Setiowati, menjelaskan meningkatnya jumlah pengangguran yang sebagian besar diantaranya adalah tenaga kerja dengan tingkat pendidikan dan ketrampilan yang rendah.

“Oleh sebab itu, diperlukan perhatian yang serius dari pemerintah daerah untuk dapat menyelenggarakan pelatihan kerja untuk membekali, meningkatkan, dan mengembangkan kompetensi kerja,” katanya.

Dikatakannya, guna meningkatkan kemampuan, produktifltas dan kesejahteraan tenaga kerja beserta keluarganya, sebagaimana diamanatkan oleh undangundang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.  

Lebihlanjut dikatakan Tutiyah, berdasarkan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2007 tenaga kerja merupakan urusan pemerintahan (urusan wajib) yang menjadi kewenangan pemerintah daerah.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional, Pelatihan Kerja adalah seluruh kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu.

Pelatihan Tenaga kerja terdiri pelatihan tenaga kerja berbasis kompetensi dan pelatihan tenaga kerja berbasis mayarakat.

“Saya harapkan pelatihan yang dilaksanakan ini tidak berganti sampai. disini, namun bisa menjadi sebuah motivasi bagi mereka untuk membuka usaha sendiri nantinya,” tutupnya.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close