Disnakertrans Kalteng Buka Pendaftaran Pemagangan Dalam Negeri

Kadisnakertrans Kalteng Syahril Tarigan

Palangka Raya, Media Dayak

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah mulai membuka pendaftaran peserta Program Pemagangan Dalam Negeri tahun 2020. Kesempatan ini hanya terbatas untuk warga kota Palangka Raya.

Kepala Disnakertrans Kalteng, Syahril Tarigan mengatakan, pendaftaran peserta program pemagangan dalam negeri tahun 2020 dimulai tanggal 19 sampai dengan 29 Februari 2020.

“Persyaratan peserta adalah pencari kerja, sehat jasmani dan rohani, usia minimal 17 tahun dan maksimal 35 tahun,” kata Syahril Tarigan didampingi Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kalteng Pujo Hariyanto, Selasa (18/02/2020).

Persyaratan lainnya adalah memiliki bakat, minat, dan memenuhi persyaratan sesuai dengan program pemagangan, serta bersedia mengikuti peraturan yang berlaku selama proses pemagangan berlangsung.

Syahril Tarigan menyatakan, ada 8 kejuruan dalam Program Pemagangan Dalam Negeri tahun 2020. Diantaranya adalah kejuruan las, bakery, teknisi pendingin ruangan (AC), tata busana, meubelair, otomotif roda dua. Ditambah kejuruan administrasi perkantoran dan operator komputer yang pesertanya diwajibkan menguasai Ms Office, baik Ms Word maupun Ms Excel.

“Peserta dapat mengantarkan syarat pendaftaran, berupa fotocopy KTP, Kartu Keluarga, Pas Foto 3 x 4 sebanyak dua lembar, ke Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kalteng, atau ke Bidang Pelatihan Tenaga Kerja dan Produktifitas Disnaker Kota Palangka Raya mulai 07.30 WIB sampai 11.30 WIB,” katanya.

Kadisnakertrans Kalteng ini mengungkapkan, peserta yang berhasil melalui proses seleksi berkas akan mengikuti proses wawancara pada 5-6 Maret 2020 yang hasilnya akan diumumkan pada 10 Maret 2020.

Seperti tahun sebelumnya, Syahril Tarigan menyatakan, Program Pemagangan Dalam Negeri berlangsung selama lima bulan yang terdiri dari sebulan pembekalan materi di Balai Latihan Kerja (BLK) dan empat bulan praktek di lokasi pemagangan.

“Program dari pemerintah pusat ini bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional dan mampu membuka usaha secara mandiri. Jadi, silakan segera daftar karena hanya 10 orang dari tiap kejuruan yang akan diterima,” demikian Syahril Tarigan.(Asep)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close