Diskoperin Barito Timur Gandeng PNM dan Swasta Berdayakan UMKM

Kepala Diskoperin Kabupaten Barito Timur Ina Karuniani Gandrung

Tamiang Layang, Media Dayak

Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (Diskoperin) Kabupaten Barito Timur menggandeng Permodalan Nasional Madani atau PNM dan perusahaan swasta yang beroperasi di Kabupaten Barito Timur untuk ikut memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) daerah setempat.

“Kita mengadakan pertemuan dengan PNM untuk memperkenalkan apa itu ULaMM dan MEKAAR. Saya berharap, nanti PNM bisa masuk ke semua desa untuk melakukan pemberdayaan UMKM sehingga masyarakat kita sejahtera,” kata Kepala Diskoperin Kabupaten Barito Timur, Ina Karuniani Gandrung usai mengadakan pertemuan dengan pihak PNM di kantornya, Kamis (23/01/2020).

Pemberdayaan yang dilakukan, sambung Ina, bisa berupa bantuan permodalan maupun pelatihan ketrampilan dan manajemen usaha.

Selain PNM, Ina juga Berharap agar perusahaan swasta yang beroperasi di Barito Timur dapat terlibat dalam pemberdayaan UMKM melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau pun program yang lain.

“Nanti tanggal 2 Februari, saat Komunitas UMKM Tabe menggelar Bazar Mini, kita undang PNM untuk datang dan melihat komunitas UMKM yang ada di Barito Timur,” imbuh Ina.

Sementara itu, Officer PKU & JML PT PNM (Persero) Cabang Banjarmasin, Salmani menjelaskan bahwa ULaMM adalah layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil dengan pembiayaan langsung bagi perorangan dan badan usaha.

“Sedangkan MEKAAR adalah layanan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro melalui program membina ekonomi keluarga sejahtera,” kata Salmani.(Rhf/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close