Dinkes Gelar Pertemuan Evaluasi Program 2019 dan Sosialisasi Program 2020

PERTEMUAN EVALUASI-Dinas Kesehatan Barito Utara menggelar pertemuan evaluasi program 2019 dan sosialisasi program prioritas tahun anggaran 2020 bagi Puskesmas se Barito Utara, Senin (13/1) di aula Dinkes setempat.(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

       Dinas Kesehatan Barito Utara (Dinkes Barut) menggelar pertemuan evaluasi program dan kegiatan tahun 2019 dan sosialiasi program prioritas tahun anggaran 2020 bagi Puskesmas se Barito Utara, Senin (13/1) di aula Dinkes setempat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara, H Siswandoyo mengatakan evaluasi adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara membandingkan hasil yang telah dicapai dengan rencana yang telah ditentukan. Evaluasi merupakan alat penting untuk membantu pengambilan keputusan sejak tingkat perumusan kebijakan maupun pada tingkat pelaskanaan program.

“Evaluasi hasil kegiatan yang akan dilaksanakan harus dapat digunakan untuk menyusun rencana kegiatan yang akan datang berdasarkan kebutuhan masyarakat sebagai sasaran upaya kegiatan program, hasil evaluasi kinerja tahun lalu dan SPM kesehatan,” kata H Siswandoyo saat membuka kegiatan tersebut.

Menurut Plt Kadis Kesehatan, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan fungsi Dinas Kesehatan dan Puskesmas melalui kerjasama tim, baik lintas program maupun lintas sektoral.

Selain itu, terpantaunya hasil kegiatan selama satu tahun, teridentifikasinya masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan di Dinas Kesehatan serta puskesmas. “Disamping itu juga semua puskesmas diharapkan melaksnakan pelayanan selama 24 jam dengan harapan pelayanan puskesmas lebih optimal,” tegas H Siswandoyo.

Lebih lanjut Siswandoyo mengatakan, agar pelaksanaan program kesehatan dapat terselenggara dengan baik maka perlu adanya pertemuan evaluasi program dan kegiatan tahun 2019 serta sosialisasi program prioritas tahun 2020 bagi Puskesmas se Barito Utara.

“Hal ini guna meningkatkan kualitas pelayanan serta pemahaman pelaksanaan program di masing-masing puskesmas dengan baik dan maksimal. Untuk itu diharapkan kepada semua peserta agar bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan evaluasi program ini,” katanya.

Ketua panitia kegiatan Pariadi AR, mengatakan tujuan khusus dari kegiatan ini untuk memperbaiki program-program kesehatan dan pelayanan untuk mengarahkan alokasi tenaga dan dana untuk program serta pelayanan yang sedang berjalan dan yang akan datang.

“Serta penilaian secara menyeluruh terhadap program kesehatan baik input, proses dan output. Dan kegiatan ini diikuti 32 peserta dari 16 Puskesmas masing-masing kepala puskesmas dan satu orang kasubbag puskesmas,” katanya.(lna/Lsn)