Dinas Pertanian Barito Utara Kembangkan Budidaya Jamur Tiram

Pemkab Barut melalui Dinas Pertanian (Distan) setempat terus mengembangkan sektor pertanian di seluruh wilayah Barito Utara. Bukan hanya padi, jagung, bawang dan lainnya. Kini Distan Barito Utara Barito Utara juga tengah mengembangkan budidaya jamur tiram.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, Ir Setia Budi mengatakan, budidaya jamur tiram telah dilakukan di dua desa yakni desa Nihan Hulu kecamatan Lahei Barat dan desa Lemo II, kecamatan Teweh Tengah.

“Untuk desa Nihan Hulu sudah berhasil dalam membudidayakan jamur tiram ini, bahkan kelompok tani tersebut telah memasarkan hasil budidayanya,” kata Setia Budi, di Muara Teweh, Jumat (5/4).

Dikatakan Setia Budi, pemasaran hasil budidaya jamur tiram tersebut, berupa hasil mentah maupun yang telah diolah menjadi makanan ringan berupa crispy jamur.

“Karena prospek jamur tiram sangat baik dan bagus dalam pemasaran, karena dapat diolah baik untuk sayur maupun makanan ringan berupa crispy. Makanan ringan ini yang sangat laris dipasaran,” jelasnya.

Menurut Kadistan Barito Utara, Setia Budi dalam penjualan, para pembudidaya jamur tiram ini langsung dilakukan oleh para pembudidaya. Sampai saat ini belum ada kesulitan dalam penjualan jamur tiram ini.

Lebih lanjut Setia Budi mengatakan untuk Desa Lemo II, masih dalam tahap pelatihan budidaya jamur tiram. Dalam budidaya jamur tiram ini peran dinas memberikan pelatihan tata cara budidaya jamur tiram, dari pembuatan baglog atau media tumbuh jamur sampai teknik budidaya dan persemaian benih.

Untuk itu, diharapkan kepada para petani pembudidaya jamur tiram di dua desa ini dapat mengembangkan pembudiyaaan jamur tiram dalam skala besar atau usaha.

“Harapan kedepannya pembudidayaan jamur tiram ini terus dikembangkan dan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close