Dinas KPP Barut Panen Pokcoy Budidaya Program Opal

PANEN POKCOY-Plt Kepala DKPP Barito Utara Ir Sugeng bersama kepala bidang  DKPP panen sayuran jenis pokcoy yang ditanam dengan metode hdroponik dalam program Obor Pangan Lestari (Opal), kemarin.( Media Dayak :Lana)

 Muara Teweh, Media Dayak

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Utara (DKPP Barut) melaksanakan panen sayuran jenis pokcoy yang ditanam dengan metode hdroponik dalam program Obor Pangan Lestari (Opal), kemarin.

Plt Kepala Dinas KPP Barito Utara, Ir Sugeng mengatakan bahwa program Opal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dalam hal pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga.

“Jadi dalam program Opal ini, masyarakat disosialisasikan dan diedukasi tentang bagaimana cara mengadakan pembenihan, cara penanaman, pemeliharaan dan cara panen sayuran yang dikembangkan,” jelas Sugeng.

Kegiatan ini juga katanya dilaksanakan dalam rangka mencukupi kebutuhan pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman. “Untuk saat ini, kami masih melakukan ujicoba penanaman selada air, pokcoy, selada kriting, cabe rawit, daun bawang. kedepannya kami akan melakukan penanaman bawang merah dan  bawang putih,” terangnya.

Dia mengatakan bahwa sayuran dan umbi-umbiyan yang ditanam dengan program Opal ini bebas dari pertisida sehingga sayuran dan umbi-umbiyan yang dipanen bergizi dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Sehingga, nantinya dengan program ini dapat menunjang program pemerintah dalam pencegahan stunting di seluruh Indonesia terutama di Kabupaten Barito Utara dengan cara pemenuhan makanan yang aman dan berkualitas.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close