Dewan Dorong Pemerintah Tingkatkan Kesejahteraan Guru

Duwel Rawing

Palangka Raya, Media Dayak

Kalangan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meminta kepada Pemerintah Khususnya Dinas Pendidikan, untuk lebih memperhatikan kesejahteraan tenaga pendidik/Guru, khususnya yang bertugas diwilayah pelosok. Pasalnya, saat ini masih banyak tenaga guru diwilayah pelosok Bumi Tambun Bungai yang kekurangan fasilitas serta kesulitan dari segi perekonomian.

Menurut anggota DPRD Kalteng Duwel Rawing, Pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan guru, terutama dari segi perekonomian dengan mengusung program sertifikasi, namun program tersebut hanya berlaku bagi guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sedangkan, untuk wilayah regional Kalteng terutama dipelosok, lebih didominasi oleh tenaga pendidik yang bertatus kontrak dan honorer.

“Salah satu kendala dunia pendidikan yang saat ini perlu diperhatikan oleh Pemerintah adalah peningkatan kesejahteraan dan fasilitas yang memadai bagi guru, terutama guru yang bertugas diwilayah pelosok Kalteng. Memang ada upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru melalui program sertifikasi, namun hal tersebut hanya berlaku bagi guru yang sudah berstatus PNS,” Ucap Duwel Rawing, saat dibincangi Mediadayak.co.id, di Gedung Dewan, jalan S.Parman, Kamis (23/1).

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya ini juga mengatakan, selain perlunya perhatian untuk peningkatan kesejahteraan guru dibidang perekonomian, faktor penunjang kinerja seperti fasilitas belajar mengajar dan personalisasi bagi guru, juga sangat perlu menjadi atensi Pemerintah, karena hal tersebut sangat berpengaruh pada semangat kinerja tenaga pendidik.

“Apabila fasilitas belajar mengajar dan fasilitas personal bagi guru terpenuhi, tentu akan berdampak positif, misalnya peningkatan semangat kinerja. Karena bagi guru yang ditempatkan diwilayah pelosok tidak semua memiliki fasilitas yang memadai, seperti tempat tinggal dan lain-lain, sehingga kita berharap kedepannya, Pemerintah bisa lebih memperhatikan hal ini,” Pungkas Ketua Komisi III DPRD Kalteng, yang membidangi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), meliputi pendidikan, kesehatan, olahraga dan kepariwisataan ini.(Nvd)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close