Dewan Apresiasi Pemkab Seruyan Dorong Pelaksanaan PATEN Di Lima Kecamatan

H.M. Fahruddin

Palangka Raya, Media Dayak

     Wakil ketua Komisi A DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H.M. Fahruddin, mengapresiasi rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat melalui Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN). Pasalnya, saat ini masih ada lima kecamatan yang belum mendapat persetujuan untuk penerapan PATEN.

“Kemarin saat komisi A melaksanakan  pertemuan dengan Pemerintah setempat, dan dari hasil pertemuan tersebut, Pemerintah seruyan akan segerea menindaklanjuti sejumlah kecamatan yang belum mendapat persetujuan untuk menerapkan PATEN.”Ucap Fahruddin, saat dibincangi media inji, di Gedung Dewan, jalan S.Parman, Jumat (1/3) kemarin.

Wakil Rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kalteng II, meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan ini juga mengungkapan, sistem pelayanan menggunakan PATEN, bertujuan untuk mendekatkan Pemerintah kepada masyarakat dan pihak Pemkab Seruyan berjanji akan secepatnya melimpahkan beberapa kewenangan dari Bupati kepada Kecamatan, sehingga selain mendekatkan kepada masyarakat, pelayanan juga bisa menjadi lebih cepat.

“Memang dengan adanya pelimpahan kewenangan Bupati kepada Kecamatan melalui PATEN, pelayanan juga bisa menjadi lebih celap namun masih dalam batasan-batasan tertentu. Salah satunya seperti kepengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sehingga masyarakat yang berada di Kecamatan, tidak perlu mengurus jauh-jauh ke Kabupaten. Bahkan saat dimintai tanggapan terkait kesiapan pelaksanaan PATEN, para Camat disana sudah siap untuk mengemban tanggung jawab tersebut.”Ujarnya.

Selain itu, sambungnya, melhat dari Kacamata Komisi A DPRD Kalteng, saat ini penerapan dan pelaksaan PATEN yang dinikai sangat baik adalah di wilayah Ampah, Kabupaten Barito Timur, sehingga pihaknya mengharapkan seluruh Kecamatan yang berada di Kabupaten/kota lainnya, bisa mengikuti langkah yang sama, demi menciptakan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kalau yang Komisi A lihat, saat ini yang menjakankan PATEN yang baik dan maksimal  adalah wilayah Ampah, di Kabupaten Barito Timur, sehingga kita sangat berharap agar penerapan ini juga bisa diikuti oleh Kecamatan-Kecamatan yang ada di Kabupaten lain.”Pungkas Politisi dari Partai Nasdem Kalteng ini.(Nvd)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close