Desa BTN II Miliki Petugas Pengelola Sampah

LAHAN TPA-Lahan tempat penampungan akhir (TPA) sampah masyarakat Desa Bintang Ninggi II yang digarap oleh perusahaan. (Media Dayak/Pemdes BTN II)

Muara Teweh, Media Dayak

    Pemerintah Desa Bintang Ninggi II (Pemdes BTN) Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut) saat ini telah memiliki petugas dan pengelola sampah yang ditunjuk oleh Pemdes setempat.

Kepala Desa BTN II, Ardianto di kantor Desa mengatakan terkait sampah di desa, pihaknya telah menunjuk beberapa orang petugas untuk memungut dan mengelola sampah yang ada di desa.

“Kita dari Pemdes menunjuk beberapa orang petugas untuk memungut dan mengelola sampah yang ada di desa. Mereka (petugas-red) bisa memilih sampah antara sampah organik dan non organik serta sampah yang mengandung bahan kimia kami minta warga dapat memisahkan tempat kemasannya,” kata Kades Ardianto.

Ia juga mengatakan produksi sampah warga di Desa BTN ll ini dalam dua minggu saja sudah lebih dari 2 (dua) ton, hal inilah yang mendorong Pemdes Bintang Ninggi ll untuk membentuk Bank Sampah yang nantinya dikelola oleh petugas sampah yang ditunjuk Pemdes.

Kades Bintang Ninggi II ini juga menjelaskan bahwa dalam pembentukan Bank Sampah ini nantinya, pihak Pemdes BTN II akan berkordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Barito Utara.

“Kita berharap pembentukan bank sampah ini nantinya didukung oleh semua pihak khususnya warga desa Bintang Ninggi II. Bank sampah di samping membuat lingkungan bersih tentunya akan menambah penghasilan warga,” kata Kades Bintang Ninggi II yang selera homornya sangat tinggi.

Selain itu jelas Kades, pihaknya juga bekerjasama dengan perusahaan BIMA untuk pembuatan tempat pembuangan akhir (TPA). “Kerjasama ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 yang lalu dengan membuat TPA,” kata Kades Ardianto di kantor Desa Bintang Ninggi ll Jalan Koptu Marlan no 36 Rt 03.

Ardianto juga mengatakan pada tahun 2020 ini ada peningkatan alat transportasi dari desa yang dianggarkan pada APBDes tahun 2020. “Untuk tahun 2019 lalu hanya ada satu unit kendaraan pengangkut sampah jenis Viar,” ucapnya.

Kades yang akrab disapa Anto Za ini juga menghimbau kepada masyarakat Bintang Ninggi II agar tidak membuang sampah di sembarang tempat atau membuang sampah ke sungai Barito, tebing pinggir sungai Barito, parit, dan selokan.(lna/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close