Deklarasi 6 Inovasi bertujuan untuk Peningkatan Mutu Pendidikan

USAI DEKLARASI-Plt Kadis Pendidikan Syahmiludin didampingi Ketua DPRD Hj Mery Rukaini dan pejabat lainnya foto bersama usai deklarasi deklarasi dan komitmen 6 (enam) inovasi pendidikan, di SDN 10 Melayu Muara Teweh.(Media Dayak:ist)

Muara Teweh, Media Dayak

SDN 10 Melayu Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara (Barut) melaksanakan deklarasi 6 inovasi pendidikan. Deklarasi 6 inovasi pendidikan ini bertujuan untuk peningkatan mutu pendidikan yang diciptakan guru-guru, kepala sekolah dan komite sekolah.

Kepala SDN 10 Melayu Hj Sri Rahmah mengatakan, selain untuk menjamin mutu pendidikan di sekolah SDN 10 Melayu deklarasi ini juga demi memperoleh kualitas sekolah yang lebih baik bagi generasi penerus bangsa.

Adapun 6 inovasi pendidikan yang di deklarasikan ini diantaranya gembira yaitu gemar membaca demi membangun negara, butik yaitu budaya diet plastik, cita suri, ada taman batu guna memperkenalkan budaya daerah dan bilik ekspresi.

“Harapannya kedepan dengan adanya deklarasi ini kami dari pihak sekolah bisa menggali potensi yang ada saat ini kepada peserta didik kami serta apa saja bakat-bakat yang dimiliki mereka sesuai karakter dari siswa itu sendiri,” jelasnya.

Oleh sebab itu, kata Hj Sri Rahmah, sekolah telah menyediakan tempat seperti bilik ekspresi sebagai anak-anak peserta didik berekspresi melakukan berbagai kreasi seperti latihan pidato, latihan tari, latihan bercerita, latihan lagu daerah dan lain-lain.

Ia mengatakan, diera zaman yang serba modern ini kebudayaan Dayak sendiri nyaris terlupakan. “Untuk itu, kami mencoba menyajikan dengan membangun sebuah taman batu yaitu sebuah miniatur rumah betang guna memperkenalkan budaya Dayak kepada para generasi penerus atau peserta didik termasuk apa saja filosofi dari rumah betang tersebut,”pungkasnya.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close