Data Center Kalteng Berstandar Tier 2

Palangka Raya, Media Dayak

       Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil membangun Infrastuktur Data Center Provinsi Kalteng yang dibangun secara bertahap dimulai dari perencanaan tahun 2017 hingga selesai tahun 2019.

Saat melakukan gelar pers conference bersama media, Kamis (7/11) Kepala Dinas Kominfo Kalteng, Herson B Anden mengungkapkan, kemajuan pembangunan bidang yang dipimpinnya tersebut merupakan selama tiga tahun kepemimpinan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya.

“Saat ini Data Center (Pusat Data) provinsi Kalteng berstandar tier 2,” paparnya.

Pihaknya menyebut, Data Center didukung dengan sistem listrik 2 sumber (PLN dan Genset), menggunakan 3 penyedia jasa internet, memiliki sistem pendingin khusus (PAC), serta sistem pemadam kebakaran khusus (tidak merusak perangkat elektronik).

“Pusat data juga memiliki ruang penyimpanan (storage) 200 Tera Byet dan memiliki IP Publik sendiri sebanyak 512 IP Publik ini merupakan inovasi luar biasa dari Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran,”ujarnya.

Dijelaskannya, Data Center ini diperuntukkan sebagai media penyimpanan data dan proses integrasi berbagai aplikasi e-govermant dan menjadi pusat hosting aplikasi atau website Pemprov. Kalteng dan juga support untuk kabupaten/kota se-Kalteng, untuk menuju Kalteng cerdas (smart province) satu data.

Kadis Kominfo Kalteng Herson B. Aden saat menjelaskan berbagai aplikasi yang ada di Gedung smart province untuk mendukung data centre dan video confren, maupun kondisi Kalteng umumnya pihaknya pemasangan kamera CCTV yang dimulai sejak tahun 2017 secara bertahap hingga tahun 2019. 

“Sedikitnya 84 CCTV telah terpasang di 7 kabupaten dan 1 kota yang ditempatkan pada Kantor Samsat dan lokasi-lokasi strategis/publik area, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat (memberikan rasa aman dan nyaman),” terang mantan Kepala Bappedalitbang Kalteng tersebut.

Ditambahkannya, disisi lain untuk membantu Pemerintah, Kepolisian dan pihak terkait agar lebih cepat mengambil tindakan/keputusan terhadap kejadian-kejadian di lapangan.

“Integrasi CCTV juga telah dilakukan dengan CCTV milik Pemkab Kotim sebanyak 25 CCTV dan Pemkab Pulang Pisau sebanyak 10 CCTV, dan saat ini sedang progress integrasi CCTV milik Pemkab Gunung Mas, Pemkab Katingan, Pemkab Barito Utara dan Kota Palangka Raya dengan total kurang lebih 150 CCTV,”bebernya.

Pihaknya berharap, pada saatnya nanti semua dapat di akses melalui ruang Command Center Gedung Smart Province, milik pemerintah provinsi Kalteng.

Pihaknya juga menyebut, Provinsi Kalteng juga telah memiliki sarana publikasi dengan videotron yang terdapat di 3 lokasi yaitu Palangka Raya, Kapuas dan Sampit, yang merupakan sebagai salah satu media publikasi visual dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat tentang kemajuan pembangunan di Kalteng.(YM)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close