Danau Sembuluh Masuk Program Penyelamatan

Perairan Danau Sembuluh, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  tahun ini, memprogramkan penyelamatan danau strategis nasional. Danau Sembuluh yang terletak di kecamatan Danau Sembuluh, kabupaten Seruyan, menjadi salah satu danau yang masuk program tersebut.

Kadis Lingkungan Hidup Seruyan, Ir H Priyo Widagdo mengatakan, masuknya danau sembuluh menjadi dalam program penyelamatan danau strategis nasional, lantaran danau ini merupakan danau yang terbesar di Kalimantan.

“Kita sangat bersyukur karena danau yang kita miliki masuk dalam program penyelamatan ini, sebab keberadaan danau ini sangat penting untuk kehidupan masyarakat sekitar,“ terang Priyo saat ditemui di Kuala Pembuang kemarin.

Menurut Priyo, dalam program penyelamatan danau strategis nasional ini, nantinya selain diamankan kawasan Danau Sembuluh akan dijadikan sebagai kawasan wisata.

Tahun ini seluruh green desain dalam pengembangan kawasan Danau Sembuluh akan disiapkan pemerintah pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sedangkan daerah hanya berupa dukungan kebijakan, dukungan lokasi dan dukungan dari masyarakat setempat.

“Arah pengembangan, selain sebagai penampungan air alami, juga akan di kembangkan menjadi kawasan wisata dan juga kawasan tersebut akan di pilah sesuai zonasinya dengan memperhatikan karakteristik sebagai tempat budidaya, transportasi serta ada kawasan konservasi,“ tandas Priyo Widagdo. (Rul)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close