Cetak Massal SPPT PBB Direncanakan Mulai Bulan April

Foto: Kabid PBB-P2 dan BPHTB, H. Budiman (Tengah)

Puruk Cahu, Media Dayak

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Murung Raya (Mura) direncanakan mulai mencetak massal Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB bulan April mendatang. Cetak massal ini dilakukan untuk meningkatkan pencapaian pendapatan daerah dan menghindari keterlambatan pendistribusian SPPT kepada wajib pajak.

Kepala Bapenda Kabupaten Mura, Agus Sumady melalui Kabid PBB-P2 dan BPHTB, H. Budiman mengatakan bahwa wajib pajak bumi dan bangunan (PBB) sejak adanya cetak massal atau cetak SPPT serentak ini dimulai bulan April mendatang.

“Secara teknisnya masyarakat akan diberitahukan kepada Ketua RT setempat ataupun dilakukan penagihan ke masing-masing rumah warga,” terang H Budiman saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya, Selasa (14/1/2020).

Berdasarkan data PBB, sambung Budiman, cetak massal tahun 2019 dari target sebelumnya Rp1.052.764.021 berhasil terealisasi Rp969.132.352. Sedangkan untuk BPHTB, target sebelumnya Rp175.000.000 berhasil terealisasi Rp765.000.000.

“Artinya dalam setiap tahun wajib pajak mengalami peningkatan yang cukup signifikan,” kata H. Budiman.

Dilanjutkan Budiman, keberhasilan pengumpulan target PBB dan BPHTB tidak lepas dari berbagai upaya yang dilakukan Bapenda, termasuk cetak massal lebih awal. Karena itu Cetak massal SPPT PBB ini merupakan langkah awal agar masyarakat mendapat layanan prima.

”Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Murung Raya atas peran serta dan partisipasi aktif dalam membayar PBB 2019. Kita harapkan usai SPPT PBB tahun pajak 2020 dibagikan, masyarakat juga bisa langsung melaksanakan kewajibannya,” tutupnya.(Lls/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close