Cegah Stunting Ciptakan SDM Sehat dan Cerdas

Sekda Kalteng Fahrizal Fitri.(Media Dayak/Yanting)

Palangka Raya, Media Dayak

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri mengatakan, Kalteng perlu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat dan cerdas, pasalnya SDM sehat dan merupakan salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan masalah stunting di Kalteng.

Pihaknya menyebut, tinggi nya permasalahan stunting di daerah ini, masih menjadi perhatian pemerintah di daerah ini. “Jadi ini adalah tantangan kita semua untuk mempersiapkan generasi muda, yakni bagaimana kita menciptakan mulai dari kesiapan generasi muda yang nanti akan memasuki usia pernikahan, kehamilan, agar betul-betul mereka bisa memahami bagaimana kebutuhan gizi,” ujar Fahrizal Fitri, Senin (20/01).

Pihaknya menyebut melalui asupan-asupan gizi yang diberikan sangat mendukung tumbuh kembang pertumbuhan bayi (balita), sembari dilakukan monitoring, pengawasan selama 1.000 hari masa kehidupan pertama.

“Ini sangat penting, supaya akhirnya adalah bagaimana kita ciptakan SDM unggul, untuk generasi masa depan Kalteng. Kita harapkan generasi kita mampu bersaing, karena nanti mereka inilah yang akan mengisi pembangunan di Kalteng,” terang Sekda seusai melakukan pelantikan Perwakilan Kepala BKKBN Kalteng, di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng.

Lebih lanjut pihaknya berharap dengan adanya pelantikan pejabat definitif Perwakilan BKKBN Kalteng, dapat memperkuat koordinasi lintas vertikal, maupun dengan pemerintah Kabupaten/Kota dan Provinsi.

“Nanti dalam tim bersama, kami harapkan BKKBN merupakan salah satu unsur dalam pencegahan stunting, dan kami harapkan dapat bersinergi untuk tujuan bersama, yakni bagaimana untuk mengintervensi stunting, perkawinan usia dini, dengan menggunakan anggaran masing-masing untuk sama-sama fokus terhadap salah satu permasalahan utama kita tersebut,” pungkas Sekda Kalteng Fahrizal Fitri.(Ytm/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close