Cegah Corona, Dinkes Imbau Masyarakat Gunakan Masker

Sekretaris Dinas (Sekdis) Kesehatan Kabupaten Katingan dr Parluhutan M.Kes

Kasongan, Media Dayak

Untuk mencegah atau menghindari terjangkitnya virus corona, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan, dr Parluhutan M.Kes mengimbau masyarakat daerah setempat untuk menggunakan masker ketika berada di luar rumah.

“Selain menggunakan masker, jangan lupa mengkonsumsi vitamin C dan makanan bergizi yang seimbang serta memperbanyak makan sayur dan buah, rajin olahraga, istirahat yang cukup, jangan makan hewan tidak masak,” katanya kepada sejumlah media, Senin (27/01/2020).

Parluhutan menjelaskan, virus corona yang berasal dari hina merupakan virus baru penyebab penyakit saluran pernafasan. Sedangkan gejalanya seperti demam, batuk pilek, gangguan pernafasan, sakit tenggorokan letih dan lesu. “Jika mengalami seperti ini secepatnya dibawa ke Puskesmas terdekat atau dirujuk ke RSUD Mas Amsyar untuk dilakukan pemeriksaan,” sarannya.

Sejauh ini, Parluhutan menyatakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mas Amsyar-Kasongan belum menerima pasien terinfeksi virus dimaksud. “Yang ada saat ini hanya beberapa pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) dan diare. Itupun tidak begitu banyak,” terangnya.

Kendati pasien yang terserang penyakit DBD dan diare tidak begitu banyak, namun Parluhutan meminta kepada seluruh masyarakat Katingan di mana pun berada agar selalu tetap waspada. “Maksudnya, jika ada dugaan terinfeksi DBD atau diare, baik anak-anak maupun dewasa, agar segera dibawa ke Pustu atau ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas Pustu atau Puskesmas terdekat,” ingatnya.

Sedangkan untuk obat-obatan berbagai jenis, baik obat-obatan untuk jenis penyakit DBD maupun diare dan berbagai jenis obat-obatan lainnya, sampai saat ini semua Pustu dan Puskesmas di 13 kecamatan, stok masih tersedia. “Sebelum habis obatnya, saya berharap petugas Pustu atau Puskesmas, agar membuat permohonan permintaan obat-obatan yang dibutuhkan. Sehingga, ketika pasien membutuhkan, dengan segera terpenuhi,” harap mantan kepala Puskesmas Kasongan I ini. (kas/aw)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close