Butuh Penguatan Anggaran Untuk Bangun Gunung Mas

Jaya Samaya Monong.

Kuala Kurun, Media Dayak

Bupati Gunung Mas (Gumas), Jaya Samaya Monong menyatakan, dibutuhkan penguatan anggaran untuk membangun Gumas menuju kabupaten yang meningkat kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya sebagaimana Visi dirinya dan Wakil Bupati (Wabup) Efrensia LP Umbing, yakni terwujudnya Kabupaten Gunung Mas yang bermartabat, maju, berdaya saing, sejahtera dan mandiri.

“Anggaran itu sebuah keniscayaan untuk meningkatkan kemajuan daerah ini melalui pelaksanaan program-program pembangunan setiap tahun, selama lima tahun. Untuk mewujudkan hal itu (Gumas yang meningkat kemajuannya), tidak bisa hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)Gunung Mas, kita butuh sumber pembiayaan lainnya di luar itu (APBD),” jelas Jaya, Selasa (1/10).

Sumber pembiayaan pembangunan Gumas di luar APBD, sambung Jaya, yakni dari APBN, APBD Provinsi Kalimantan Tengah dan dukungan dari Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang ada di Gumas.

“Saya dan Wakil Bupati berjuang, bagaimana kabupaten Gunung Mas selama pemerintahan kami, bisa mendapatkan dukungan anggaran dari APBN, APBD Provinsi dan dari Perusahaan Besar Swasta. Tidak hanya kami (Bupati – Wabup), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun dapat berjuangan untuk hal itu, sehingga dengan penguatan anggaran yang signifikan, kabupaten Gunung Mas dapat meningkat kemajuannya,” ulas Jaya.

Menurutnya, sektor pembangunan di Gumas yang membutuhkan dukungan anggaran dari APBN, APBD Provinsi dan PBS, seperti kegiatan ekonomi masyarakat berbasis potensi unggulan daerah, baik yang bersifat investasi maupun ekstraktif dengan tetap mengedepankan aspek kelestarian lingkungan. Sektor pendidikan, kesehatan, pariwisata, pertanian dalam arti luas, infrastruktur dan sektor potensial lainnya yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terkait harapan Wabup, Efrens agar OPD dapat membuat program pembangunan yang terukur dan dengan perencanaan yang baik supaya bisa mendapatkan dukungan anggaran dari APBN dan APBD Provinsi, Jaya mengaku sepakat dan mendukung apa yang disampaikan Efrensia.

“Beliau benar.Pusat dan Provinsi tidak akan  memberikan dukungan anggaran kepada OPD kalau perencanaan pembangunan yang dibuat tidak baik.Karenanya saya berharap, teman-teman OPD bisa memahami dan melaksanakannya,” tukasnya menutup. (Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close