Bupati Sakariyas Hadiri Pertemuan Penyuluh Pertanian

Bupati Katingan Sakariyas memberikan arahan dalam kegiatan pertemuan penyuluh di lingkungan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan, Senin (02/03/2020), di aula Dinas PKAD setempat.(Media Dayak/Ist)

Kasongan, Media Dayak

Bupati Katingan Sakariyas menghadiri pertemuan penyuluh di lingkungan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Katingan, Senin (02/03/2020), di aula Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PKAD) Kabupaten Katingan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, selain sejumlah penyuluh di lingkungan instansi tersebut, juga dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan puluhan undangan lainnya.

Bupati Katingan Sakariyas dalam sambutannya menjelaskan tentang visi Kabupaten Katingan Bermartabat, yang berkaitan dengan sektor pertanian dalam arti luas. “Oleh Karena itu, bagaimana caranya untuk meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat kita di Katingan dengan mengandalkan sektor pertanian di daerah kita,” terang Bupati.

Untuk mewujudkan hal tersebut, dirinya berharap kepada semua penyuluh di masing-masing desa dan wilayah kecamatan untuk senantiasa memperbaharui dan meningkatkan ilmu pengetahuan, seiring dengan paragdima masyarakat yang senantiasa berubah mengikuti kemajuan peradaban, juga selalu berada di tempat. “Ini sudah menjadi kewajiban setiap penyuluh,” tegas Bupati.

Peningkatan ilmu pengetahuan, menurut Sakariyas, sangat erat hubungannya dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). “Oleh karena itu, saya meminta kepada Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan setempat agar meningkatkan kualias SDM para penyuluh dan SDM petani, sekaligus meningkatkan pula pertanian, tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, peternakan, nelayan dan pembudidayaan ikan,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan setempat, Yossy dalam laporannya menyebutkan tentang maksud dan tujuan kegiatan tersebut. Salah satunya adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada Kepala UPT, Kepala BPP, penyuluh pertanian dan perikanan, THL TBPP dan THL POPT terhadap fungsi penyuluh pertanian dan perikanan serta penjabaran sistem kerja penyuluhan.

Selanjutnya, dia juga menyebutkan beberapa narasumber yang menyampaikan materi. Diantaranya Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertenakan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalteng, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan setempat dan pejabat esalon III.

“Metode yang dipergunakan dalam kegiatan ini, selain paparan dari narasumber, juga diberikan waktu untuk diskusi dan ruang tanya jawab serta mengungkap berbagai pengalaman,” jelasnya. (Kas) 

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close