Bupati Nadalsyah Dorong Sertifikat Bandara

DALAM BANDARA-Bupati H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra dan Ketua DPRD Hj Mery Rukaini dan Kepala Bandara Djarot Nugroho saat memasuki ke ruangan dalam bandara baru HM Sidik, Senin (24/2).(Media Dayak/Lana)

Muara Teweh, Media Dayak

Bupati Barito Utara (Barut), H Nadalsyah mengadakan peninjauan Bandara Baru Haji Muhammad Sidik, Senin (24/2) kemarin. Kunjungan ini diikuti hampir seluruh pejabat di lingkup Pemkab Barito Utara, Ketua DPRD, Wakil Ketua dan anggota dewan.

Nadalsyah bersama rombongan masuk mengendarai mobil dinas, lalu mengitari landasan udara dari ujung ke ujung. Setelah itu, bupati dan wakil bupati menuju terminal dan mengadakan diskusi.

Dalam kesempatan tersebut, bupati yang akrab H Koyem ini menjelaskan, kepala daerah yang dulu mengusulkan bandara di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Baru ini, namun karena keterbatasan anggaran yang memang harus rutin diusulkan, sehingga baru 2019 ini bandara terlihat siap dioperasionalkan.

“Sesuai laporan Kepala Bandara Beringin Muara Teweh bahwa saat ini tahapan verifikasi terakhir sebagai syarat sertifikat bandara,” ujar Koyem didampingi Wabup Sugianto Panala Putra dan Ketua DPRD Hj Mery Rukaini di Terminal Bandara H Muhammad Sidik.

Bupati dua periode itu melihat ada rekomendasi dari berita acara verifikasi bandara. “Seperti kita lihat tadi kiri dan kanan runway, sudah saya tanyakan ke kepala bandara dan ditindaklanjuti secara bertahap.Insya Allah saat peresmian hal-hal yang direkomendasikan bisa selesai,” ucap mantan Ketua Umum KONI Barito Utara ini seraya mendorong verifikasi cepat dipenuhi.

Karena kata Koyem ini masih tahap pemeliharaan, kontraktor bersedia menyelesaikan kekurangan yang direkomendasikan tim verifikasi. Lebih lanjut, Koyem menyoroti akhir-akhir ini ada informasi di Medsos mengenai Bandara Haji Muhammad Sidik yang notabene-nya Pemkab Barito Utara sangat ingin meresmikan tapi keadaan belum sempurna.

Padahal Nadalsyah tidak pernah berstatemen akan diresmikan. “Tentunya kita mendengar dari tim bandara, begitu sudah ada hasil verifikasi dan disertifikatkan baru bisa dioperasional dan diresmikan,” tandasnya.

Bupati juga meminta penjelasan kepala bandara bisa meluruskan, karena informasi di medsos agak menyudutkan bandara sehingga berefek ke Pemda. “Kita rasakan tadi runway sudah standar terima kasih kepada tim bandara sudah bekerjasama dan betul-betul proaktif,” ucap Koyem didampingi Kepala Bandara Beringin Muara Teweh, Djarot Nugroho.(lna/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close