Bupati Ingatkan Peternak Sebelum Ternak Dibagikan

Jaya Samaya Monong, Bupati Gunung Mas.(Media Dayak/Novri JK Handuran).

Kuala Kurun,Media Dayak

Bupati Gunung Mas(Gumas)Jaya Samaya Monong mengingatkan masyarakat yang ingin beternak sapi,babi,ayam dan ikan di wilayah Gumas untuk menyiapkan sarana prasarana peternakan sebelum mendapatkan bantuan bibit ternak.

“Sarana prasarana yang perlu masyarakat siapkan untuk peternakan sapi, babi dan ayam, berupa lahan dan kandang. Untuk peternakan ikan, sediakan kolam ikannya,” kata Jaya, Jumat (21/2).

“Selama ini kan tidak. Bibit ternaknya dibagi,tapi sarana prasarananya belum tersedia, sehingga apa yang terjadi. Beternak sapi, tapi sapinya di ikat atau digembalakan di lahan atau kebun orang lain. Hal itu tidak boleh lagi terjadi. Sediakan dulu lahan dan kandang sapinya,” ujar Jaya menambahkan.

Terkait perlunya kolam ikan sebelum mendapatkan bibit ikan, suami Mimie Mariatie itu pun menceritakan pengalamannya.

Kala berkunjung ke sebuah daerah di Gumas, dirinya menemukan sebuah keluarga yang beternak ikan. Tapi bibit ikannya tidak di taruh di kolam, melainkan di bak terpal.

“Saat saya berkunjung kembali ke daerah itu dan menemui keluarga itu, saya tanyakan bagaimana kabar bibit ikan yang dipelihara, apakah sudah besar, apakah sudah di panen. Saudara (warga) itu menjawab, ikannya mati semua. Kenapa hal itu (bibit ikan mati) terjadi.

Karna yang bersangkutan beternak ikannya di kolam terpal. Harusnya ia menggali tanah dengan kedalaman yang sesuai untuk kolam ikan. Ini lah yang tidak saya inginkan, masyarakat ingin mendapatkan bibit ikan, tapi tidak memiliki kolam ikan. Sediakan dulu kolam ikannya,” beber Bupati.

Jaya berharap Dinas terkait, Camat, Lurah, Kepala Desa/BPD dapat memberikan pemahaman ke masyarakat yang ingin beternak sapi, babi, ayam dan ikan agar menyediakan sarana prasarananya sebelum mendapatkan bantuan bibit ternak.

“Saya akan cek (sarana prasarana). Saya tidak ingin sekedar proyek. Proyek apapun harus berhasil, memberi manfaat bagi masyarakat dan kemajuan daerah ini,” tegas ayah dari Zefanya Naila dan Ester Gloria tersebut.(Nov)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close