Bupati Barut Hadiri Pelantikan Anggota DPRD Provinsi Kalteng

HADIRI PELANTIKAN ANGGOTA DPRD PROVINSI-Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati dan keluarga saat menghadiri pelantikan anggota DPRD Provinsi Kalteng, di Palangka Raya, Rabu (28/8) kemarin.(Media Dayak:diskominfosandi barut)

Palangkaraya, Media Dayak

Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah menghadiri pelantikan anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2019-2014. Proses pelantikan dilaksanakan pada ruang rapat paripurna lantai III gedung DPRD Provinsi Kalimantan Tengah, Rabu (28/8) kemarin.

Menanggapi rencana pemerintah provinsi Kalteng yang akan menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Kalimantan Timur, bupati Barito Utara Nadalsyah mengatakan, bahwa kawasan Barito Utara merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Kalimantan Timur (Kaltim), yakni desa Benangin, kecamatan Teweh Timur.

Bupati Nadalsyah menuturkan dalam pembangunan yang akan direncanakan, dirinya mempunyai pandangan kawasan tersebut cocok untuk wilayah ketahanan pangan.

Dia juga berpendapat bahwa memiliki kedekatan dengan IKN, dapat meningkatkan kesejahteraan warga di Kalteng khususnya Barito Utara. Pemerintah Kabupaten Barito Utara memiliki rancangan pembangunan salah satunya yakni peningkatan infrastruktur jalan di wilayah desa Benangin.

“Kalau memiliki jalan alternatif menuju Kaltim melalui desa Benangin, kita dapat memangkas jalan sepanjang 100 KM dibandingkan kita memutar melalui kabupaten Barito Selatan menuju ke kabupaten Tanjung Kalimantan Selatan. Tentunya ini akan menghemat tenaga dan BBM warga yang menuju IKN,” kata H Nadalsyah.

Bupati yang akrab disapa H Koyem ini juga berkeyakinan bahwa kabupaten Barito Utara mampu menjadi wilayah Kalteng yang menyangga IKN. Pasalnya, Barito Utara memiliki sumber daya alam yang memadai dan sumber tenaga dari gas alam di Bangkanai, kecamatan Lahei untuk pemenuhan listrik.

“Untuk wilayah ketahanan pangan, kami kuat. Padi dan jagung kami sudah memiliki peran dalam menjaga ketahanan pangan di Kalteng. Intinya kami siap untuk berkoordinasi dengan pemerintah provinsi untuk pembangunan Kalteng menyangga IKN,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Barito Utara, H Nadalsyah juga mengharapkan hal yang sama terlebih, anggota DPRD yang terpilih salah satunya adalah putra terbaik Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, yakni H Jimmy Carter yang merupakan adik kandung orang nomor satu di Barito Utara. (lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close