BI Kalteng Tingkatkan Capability Jurnalis

Manajer fungsi komunikasi dan koordinasi kebijakan KPw BI Kalteng, Farid Tamsil (duduk tengah) foto bersama narasuumber dan peserta kegiatan Forum Komunikasi Media, Kamis (26/9).(Dayak Pos/Ist)

Malang,Media Dayak

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalimantan Tengah meningkatkan capability atau kemampuan jurnalis di daerah setempat. Upaya dilakukan dengan menggelar Forum Komunikasi Media di Malang, Jawa Timur, selama tiga hari dua malam 25-27 September 2019.

Manajer fungsi komunikasi dan koordinasi kebijakan KPw BI Kalteng, Farid Tamsil mengatakan, Forum Komunikasi Media bertujuan meningkatkan capability atau kemampuan rekan-rekan media dalam menyajikan berita yang mudah dipahami oleh pembaca, khususnya berita tentang kebijakan yang dikeluarkan BI segingga dapat membentuk ekspektasi positif masyarakat.

“Ada dua sesi materi dalam kegiatan ini. Pertama adalah peran media dalam pembentukan ekspektasi positif yang mendukung perekonomian Indonesia. Yang kedua akan bahas teknis penulisan berita ekonomi,” katanya, Kamis (26/9).

Forum Komunikasi Media menghadirkan dua narasumber, yaitu Ahmad Aris yang bekerja sebagai Redaktur Bisnis Indonesia dan Nasori yang menjabat sebagai Redaktur Investor Daily. Sesi materi dipandu oleh Joshua L Anderson dari Divisi Komunikasi BI.

Ketua PWI kalteng, M Haris Sadikin menyampaikan apresiasi atas inisiatif Bank Indonesia menggelar Forum Komunikasi Media  dan berharap agar kegiatan serupa dapat lebih ditingkatkan serta dilaksanakan di masa depan

Haris menyatakan, hampir semua media di Kalteng tidak memiliki wartawan yang bertugas untuk meliput secara khusus di bidang ekonomi, bahkan ada media yang menugaskan wartawan bidang olahraga untuk meliput berita bidang ekonomi.

“Bahasa ekonomi cukup berat untuk dipahami masyarakat awam. Saya harap kegiatan ini mampu menambah kemampuan wartawan Kalteng untuk membuat berita yang lebih mudah dipahami dan dimengerti masyarakat atau pembaca umum,” tutupnya.(aw/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close