Barut Pemasok Jagung Terbesar Ke Kalsel

Muara Teweh, Media Dayak

      Stand Kabupaten Barito Utara (Barut) mendapat kehormatan sebagai peserta terbaik I, pada kegiatan Rekor Muri bakar jagung 62 ribu tongkol yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) di Bundaran Besar Palangka Raya, Minggu (16/6).

Pemecahan rekor MURI ini juga merupakan kampanye ketahanan pangan di Kalteng yang saat ini mulai digenjot Pemprov Kalteng. Selain itu memberitahukan kepada masyarakat, bahwa ketahanan pangan bukan hanya padi, namun juga tanaman lain yang perlu dikembangkan.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Barito Utara Ir Setia Budi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Barito Utara H Nadalsyah, Wakil Bupati Sugianto Panala Putra dan Sekda, Jainal Abidin dan semua pihak atas dukungannya.

“Kegiatan ini akan memicu semangat pemerintah daerah dibawah kepemimpinan Bupati Nadalsyah dan wakil bupati Sugianto Panala Putra untuk terus mengembangkan sektor pertanian, disamping jugung juga komoditi lainya, seperti kakao dan padi ladang,” kata Setia Budi.

Sementara itu pada kegiatan pemecahan rekor bupati Barito Utara H Nadalsyah dan Sekda H Jainal Abidin turut langsung ikut membakar jagung. “Kami dari Kabupaten Barito Utara sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan partisipasi Barito Utara kami sangat  menonjolkan, sebab kabupaten Barito Utara sekarang  merupakan salah satu  pemasok jagung ke Kalimantan Selatan yang terbesar untuk Kalimantan Tengah,” terang Bupati Nadalsyah.

Dan katanya, Kabupaten barito Utara akan meningkatkan tanaman jagung dari 16 ribu hektar menjadi 32 ribu hektar di tahun 2019 ini. “Jagung bisa membantu perekonomian masyarakat yang ada di Kabupaten Barito Utara, yang tadinya harga karet menurun dratis, kami membawa masyarakat untuk menanam jagung,” imbuhnya.

Sementara Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran sangat mengapresiasi kinerja Pemkab Barito Utara, khususnya sektor pertanian hingga mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat, khususnya Kementrian Pertanian.

Pemecahan rekor ini sekaligus sebagai bukti Kalteng tak hanya mampu menyediakan tanaman pangan berupa padi, namun juga jagung dalam skala produksi yang cukup besar. Bahkan pemerintah pusat memberikan kepercayaan kepada Kalteng, untuk meningkatkan produksi tanaman jagung.

Diantaranya, melalui pemberian bantuan berupa bibit dan pupuk, salah satunya untuk Kabupaten Barito Utara. “Jagung yang potensial untuk dikembangkan lebih luas lagi, salah satunya jagung yang diperuntukanbagi pakan ternak. Produksi jagung jenis ini biasa dipasarkan,” pungkasnya.(lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close