Barut Ikuti Jambore Inovasi Kalimantan dan Pameran Inovasi 2019-Tampilkan aplikasi keuangan daerah berbasis dashboard

IKUTI JIK-Pemkab Barito Utara mengikuti Jambore Inovasi Kalimantan (JIK) yang diselenggarakan oleh Pemprov Kalteng di Palangka Raya, Rabu (23/10) kemarin. (Media Dayak:diskominfosandi barut)

Palangka Raya, Media Dayak

Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) turut berpartisipasi dalam gelaran Jambore Inovasi Kalimantan dan Pameran Inovasi 2019. Dimana kabupaten Barito Utara menampilkan Aplikasi Keuangan Daerah berbasis dashboard.

Kegiatan ini yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi Kalimantan Tengah melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi bekerjasama dengan Puslatbang KDOD diikuti BPSDM seluruh Provinsi di Kalimantan dan hampir seluruh Kabupaten di Kalimantan Tengah dimulai dari 22-25 Oktober 2019 di Palangka Raya.

Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengatakan, melalui jambore inovasi ini diharapkan Barito Utara akan mampu sejajar seperti daerah lain, terutama dalam menghadapi era teknologi 4.0 yang jauh sudah mengalami perkembangan dari jaman manual berproses menuju jaman yang serba teknologi.

“Ini menjadi tantangan yang tidak sederhana, menginggat di era teknologi ini semua bentuk pekerjaan maupun akses layanan publik harus sudah dilakukan dengan menggunakan akses aplikasi yang merupakan pelaksanaan dari pesatnya perkembangan informasi dan teknologi (IT),” jelas H Nadalsyah.

Nadalsyah juga mengharapkan kepada seluruh perangkat daerah lingkup Pemkab Barito Utara agar segera melakukan penyesuaian dan bangun koordinasi serta sinergitas dengan lembaga teknis di bidang ke IT-an baik di pusat, provinsi maupun daerah yang sudah menerapkan dan menggunakan sistem layanan dan penyelenggaraan berbasis teknologi.

“Ini sebagaimana yang diamanatkan dalam Perpres 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sebagai upaya mewujudkan Barito Utara smart,” ucapnya.

Sebelumnya mewakili Gubernur Kalteng, Sekda Provinsi Kalteng, Fahrizal Fitri saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa Kalteng patut berbangga karena menjadi tuan rumah dalam event ini.

“Dalam kegiatan Jambore Inovasi Kalimantan ini semua daerah dapat berkolaborasi dan berbagi pendapat tentang inovasi-inovasi yang di tampilkan, selain itu juga dapat memberikan motivasi lebih kepada aparatur di Kalteng agar bisa lebih inovatif lagi dalam membuat terobosan-terobosan inovasi demi memudahkan dalam hal pekerjaan di instansi maupun memudahkan pelayanan publik kepada masyarakat,” katanya. (lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close