Banjir Genangi Puluhan Rumah Warga di Desa Sikuy

BANJIR DI DESA SIKUI-Dinas Perhubungan Barito Utara dan BPBD setempat saat berada di Desa Sikui mengevakuasi warga serta pengendara yang akan melewati banjir, Minggu (1/3).(Media Dayak : Dishub Barut)

Muara Teweh, Media Dayak

Curah hujan yang cukup tinggi pada Sabtu (29/2) malam, mengakibatkan sejumlah kawasan pemukiman warga di Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara (Barut) terendam banjir.

Puluhan rumah warga yang berada di tepian sungai Sikui terendam banjir akibat curah hujan yang sangat tinggi yang mengakibatkan sungai Sikui meluap. Ketinggian air kurang lebih 50 cm hingga satu meter atau sepinggang orang dewasa.

Akibat banjir tersebut, ratusan warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Banjir di Desa Sikui ini juga menyebabkan transportasi darat baik yang akan keluar maupun yang akan masuk ke daerah Desa Sikui menjadi terganggu.

“Kami dari Dinas Pergubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah bersama TNI/Polri dan warga setempat melakukan evakuasi terhadap warga yang rumahnya terendam banjir. Dan juga mengarahkan para pengendara (pengguna jalan) agar berhati-hati saat melintas di jalan yang digenangi banjir,”kata Kadis Perhubungan Barito Utara, H Fery Kusmiadi, Minggu (1/3).

Sementara, warga Sikui mengatakan, banjir bandang di titik tertentu mencapai ketinggian 50-100 centimeter dan merendam puluhan rumah warga yang berada di sekitar aliran sungai Desa Sikui.

“Selain itu, jalan lintas kabupaten juga terendam banjir hingga membuat kemacetan yang parah. Akibat dari banjir ini, perekonomian warga menjadi terganggu dan juga kerugian materil mencapai puluhan juta rupiah,”kata warga tersebut.

Sementara itu, informasi dari MPA Kandui Kecamatan Gunung Timang, juga digenangi banjir yang diakibatkan meluapnya sungai Kandui anak sungai Montallat.

“Wilayah pasar lama Kandui debit air Sungai Japus, naik dengan ketinggian 67 centimeter berdasarkan tiang ukur. Rumah yang terdampak lebih kurang 30 rumah,” kata Hendra anggota Pusdalops PB BPBD Barito Utara. (lna)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close