Awal April Pemdes Trinsing Laksanakan Pemilihan Anggota BPD

PERPUSTAKAAN DESA-Salah satu pembangunan yang dibangun Pemdes Trinsing melalui dana desa (DD) tahun anggaran 2019, yaitu perpustakaan desa Trinsing.(Media Dayak/ist)

Muara Teweh, Media Dayak

        Pemerintah Desa (Pemdes) Trinsing Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut) pada awal April mendatang akan melaksanakan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat.

Kepala Desa Trinsing, Heri Mansupardi ditemui di kantor desa Trinsing membenarkan hal tersebut. Awal April mendatang pihaknya akan melaksanakan pemilihan anggota BPD Desa Trinsing. “Saat ini pihaknya masih melakukan penjaringan terhadap calon-calon anggota BPD,” katanya Jumat.

Dikatakan Kades Trinsing Heri, anggota BPD yang nantinya dipilih sebanyak delapan orang dan satu orang keterwakilan perempuan. “Jadi semua anggota BPD berjumlah sembilan orang termasuk satu orang keterwakilan perempuan,” katanya.

Dijelaskan Kades Trinsing, di desa Trinsing ada sembilan RT, dan dibagi dalam 2 daerah pemilihan (Dapil). “Untuk Dapil 1 ada tiga orang calon anggota BPD masuk dalam RT 1, 2, 3 dan RT 4, dan dapil 2 lima orang calon anggota BPD masuk dalam RT 5, 6, 7, 8 dan RT 9,” kata Kades Heri Mansupadi didampingi Ketua BPD Trinsing Suriono.

Saat ini Heri Mansupadi menambahkan, yang sudah mendaftarkan diri untuk masuk menjadi calon anggota BPD Trinsing sebanyak 15 orang. “Ada sebanyak 15 orang yang sudah memasukan berkas di kantor desa setempat,” jelasnya.

Kades Trinsing juga berharap nantinya saat pelaksanaan pemilihan anggota BPD Trinsing dapat berjalan dengan aman dan lancar. Dan bagi siapa saja nantinya yang terpilih menjadi anggota BPD merupakan perwakilan dari masing dapil (RT), dapat menyerap dan menampung aspirasi masyarakat dari masing-masing dapil.

“BPD yang terpilih nantinya adalah mitra pemerintahan desa dan merupakan unsur Pemdes. Tugas dan fungsi BPD, sesuai dengan Permendagri no 110 tahun 2016 dan tugas tugas BPD menyampaikan rancangan Perdes, pengawasan APBDes, pengawasan kinerja kades,” kata Kades Trinsing Heri Mansupardi.(lna/Lsn)

image_print
Menampilkan lebih banyak
Close